Ini Daftar Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Sekolah Tatap Muka

Penting menggunakan masker ganda saat PTM

Jakarta, IDN Times - Setelah sekian lama belajar virtual akibat pandemik COVID-19, kini pemerintah mulai melalukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Meski sudah belajar tatap muka, bukan berarti kamu sudah aman dari COVID-19 loh. Tetap harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Sebab, selain dari udara, virus corona juga bisa menyebar karena menempel pada benda-benda dan peralatan.

Untuk tetap menjaga keamanan diri dari COVID-19, orang tua siswa dan juga pelajar perlu mengetahui peralatan apa saja yang wajib dibawa ke sekolah saat Pembelajaran Tatap Muka, yuk cek!

1. Wajib masker ganda

Ini Daftar Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Sekolah Tatap MukaInfografis masker ganda (IDN Times/Izza Namira)

Selama ini, masker medis (3 ply) atau masker kain masih menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk mencegah COVID-19. Sayang sekali, keduanya ternyata memiliki kekurangan masing-masing.

Masker medis tidak benar-benar pas di wajah, sehingga masih ada rongga di bagian bawah, atas, dan samping. Celah tersebut dapat menjadi jalan masuk partikel berisi virus dari luar. Sementara itu, masker kain tidak memiliki kerapatan setinggi masker medis.

Untuk amannya, kamu perlu menggunakan masker ganda karena terbukti dapat melakukan filtrasi lebih baik.

2. Jangan lupa selalu bawa hand sanitizer

Ini Daftar Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Sekolah Tatap MukaIlustrasi hand sanitizer. IDN Times/Hana Adi Perdana

Karena kamu akan sering menyentuh sesuatu selama di sekolah, kamu harus sering mencuci tangan. Atau jika tidak mau repot, kamu bisa membawa hand sanitizer.

Selain mencegah penularan, praktik mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air atau hand sanitizer dapat melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri lain yang tidak kalah berbahaya.

3. Pastikan bawa peralatan makan dan sekolah masing-masing

Ini Daftar Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Sekolah Tatap MukaANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Seperti disebutkan di atas, COVID-19 dapat menular melalui sentuhan dan menempel pada tiap benda. Untuk itu akan sangat aman jika kamu membawa peralatan makan dan sekolah masing-masing daripada meminjam ke teman.

Kamu bisa membawa pensil, pulpen, penghapus, dan lain-lain. Siapkan masing-masing satu cadangan untuk berjaga-jaga peralatan kamu tersebut hilang atau terjatuh.

4. Helm pribadi dan alat buka pintu

Ini Daftar Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Sekolah Tatap MukaIlustrasi helm (IDN Times/Doni Hermawan)

Kalau kamu berangkat sekolah naik ojek online, alih-alih menggunakan helm dari pengemudi, kamu bisa menyiapkan helm pribadi. Tentunya ini juga untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dan kamu juga lebih bersih serta aman.

Kamu juga bisa lebih berhati-hati dengan membawa alat buka pintu untuk mengurangi penyebaran virus melalui pintu yang sering dipegang banyak orang.

Baca Juga: Cerita Warga Aceh soal Kendurnya Prokes dan Stigma 'Di-COVID-19-kan'

5. Tisu basah dan kering

Ini Daftar Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Sekolah Tatap MukaIDN Times/Ayu Afria

Peralatan lain yang wajib kamu bawa adalah tisu kering dan tisu basah. Kita bisa memakai tisu untuk membersihkan tangan atau barang yang akan kita pegang, dan jaga-jaga jika di toilet sekolah tidak ada tisu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya