Punya Hubungan Baik dengan Ma'ruf Amin, Rizieq Dipersilakan Pulang

Ma'ruf Amin tidak mau mengomentari lebih soal Rizieq

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan Ma’ruf Amin tidak mempermasalahkan rencana kepulangan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, karena keduanya memiliki hubungan baik sebagai sesama ulama.

"Rizieq itu sama Wapres (Ma’ruf Amin) hubungannya baik. Rizieq itu memang organisasinya FPI. Akan tetapi latar belakang beliau sebenarnya adalah Nahdlatul Ulama, jadi sama lah dengan Wapres," kata Masduki, dilansir ANTARA, Jumat (6/11/2020).

Baca Juga: Dubes Agus: Nama Rizieq Shihab Masuk dalam Daftar Orang Dideportasi

1. Ma'ruf belum memberikan komentar terkait kepulangan Rizieq

Punya Hubungan Baik dengan Ma'ruf Amin, Rizieq Dipersilakan PulangWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Terkait dengan polemik kepulangan Rizieq ke Indonesia dari Arab Saudi, Masduki mengatakan, hingga saat ini Ma’ruf belum mengomentari. Wapres hanya mempersilakan jika Rizieq ingin pulang ke tanah air.

"Sampai sekarang, Wapres tidak ada komentar mengenai kepulangan Rizieq. Selama ini juga tidak ada masalah, sehingga soal kepulangan Rizieq, ya, Wapres (beranggapan) kalau pulang, monggo. Untuk komentar lebih jauh, Wapres tidak ada komentar apa-apa," kata Masduki.

2. Rizieq tersandung masalah pengumpulan dana ilegal

Punya Hubungan Baik dengan Ma'ruf Amin, Rizieq Dipersilakan PulangAntara Foto/Rivan Awal Lingga

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali membantah tudingan bahwa pemerintah berusaha mencekal Rizieq kembali ke tanah air. Berdasarkan informasi yang ia miliki, Saudi mencekal Rizieq karena ia tersandung dugaan kasus pengumpulan dana secara ilegal di sana.

"Rizieq itu hingga beberapa waktu yang lalu memang dicekal oleh pemerintah Arab Saudi bukan oleh pemerintah Indonesia, karena dianggap pernah melakukan penghimpunan dana secara ilegal," ungkap Mahfud ketika diwawancarai Ade Armando di YouTube Cokro TV yang diunggah pada Rabu, 4 November 2020.

Mahfud menjelaskan usai dilakukan penyelidikan dan tak terbukti pengumpulan uang tersebut masuk aktivitas politik, maka otoritas Arab Saudi tak lagi memasukkan nama Rizieq ke dalam daftar orang yang perlu diawasi. Namanya sempat dimasukkan ke dalam daftar orang yang melakukan pelanggaran hukum.

Namun, masih ada pelanggaran lain di bidang keimigrasian dan tetap diproses. Rizieq dianggap tinggal di Saudi melebihi batas izin yang diberikan alias overstay.

3. Riziq diberikan batas waktu urus kepulangannya hingga 11 November

Punya Hubungan Baik dengan Ma'ruf Amin, Rizieq Dipersilakan PulangPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, visa kunjungan bisnis milik Rizieq tak lagi diperpanjang oleh imigrasi di Saudi. Artinya, ia harus segera kembali ke Indonesia bila tak ingin dideportasi.

Melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Kamis malam, 5 November 2020, dubes yang merupakan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan Rizieq diberi waktu untuk mengurus kepulangannya hingga Rabu, 11 November 2020. Informasi itu diperoleh Agus usai berkomunikasi dengan kantor imigrasi Kerajaan Arab Saudi pada Rabu, 4 November 2020.

Agus mengatakan Saudi memberikan toleransi kepada Rizieq selama sembilan hari sejak kedatangannya ke kantor deportasi Tarhil Syumaisi pada Senin, 2 November 2020 pukul 11.00 waktu setempat.

"Di dalam sistem yang ada di layar komputer sangat jelas tertulis tidak ada perpanjangan visa, yang ada adalah perubahan batas akhir tinggal (intiha' al-iqamah) sampai dengan 11 November 2020. Sedangkan, batas tanggal berlakunya visa (tarikh intiha' as-salahiyah) tetap tertulis 20 Juli 2018," ungkap Agus.

Baca Juga: Beberapa Kasus Rizieq Shihab Dihentikan, Polda Metro Siap Cek Ulang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya