Comscore Tracker

Rizieq Gelar Pernikahan Anaknya, Transjakarta Alihkan Rute

Ada 3 rute yang dialihkan

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengalihkan sejumlah rute armadanya, karena ada penutupan jalur di sekitar kawasan Jl KS Tubun. Hal itu buntut dari acara pernikahan putri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Sharifa Najwa Shihab, sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020).

Selain itu, PT Transjakarta juga mengalihkan rute lainnya di Jl Panglima Polim.

"Sehubungan dengan adanya beberapa penutupan jalur di sekitar Kawasan Jl KS Tubun dan Jl Panglima Polim untuk tetap melayani pelanggan, Transjakarta melakukan modifikasi rute layanannya di beberapa rute berikut sampai jalan dapat dilalui kembali oleh armada Transjakarta rute tesebut antara lain," kata Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Angelina Betris dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/11/2020).

1. Tiga rute yang dimodifikasi

Rizieq Gelar Pernikahan Anaknya, Transjakarta Alihkan RuteIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

Rute Jak 54 yang melintasi Grogol - Benhil mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Jl KS Tubun.

"Sementara tidak melewati halte Jl. Ramli sampai dengan Bhakti Mulia arah Behil dan perhentian bus Bhakti Mulia sampai dengan Sebrang Masjid An Nur arah Grogol," kata Angelina.

Rute Jak 31 pun mengalami penyesuaian. Jalur Andara - Blok M mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Jl Panglima Polim 4. Sementara waktu bus tidak melewati penghentian Perempatan Wijaya 31 untuk kedua arahnya.

Terakhir adalah rute JAK 11 (T.Abang-Kby.Lama), JAK 12 (T.Abang-Kp.Baru) dan JAK 14 (T.Abang-Meruya) mengalami modifikasi rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Jl KS. Tubun.

"Sementara tidak melewati pengentian RS. Bakti Mulia sampai dengan JPO Blok G arah Tanah Abang dan penghentian Jl.Petamburan 3 sampai dengan Slipi Petamburan 1 arah Kebayoran lama," ujar Angelina.

Baca Juga: Komisi IX DPR: Kerumunan Terkait Rizieq Shihab Perlu Ditegur

2. Transjakarta imbau masyarakat tetap di rumah

Rizieq Gelar Pernikahan Anaknya, Transjakarta Alihkan RuteIDN Times/Rochmanudin

Di luar pengalihan rute itu, Transjakarta mengimbau kepada pelanggan untuk tetap di rumah saja apabila tidak ada hal mendesak.

"Apabila harus meninggalkan rumah karena hal penting maka terapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan selalu jaga kesehatan," ujar Angelina.

3. Pengalihan rute oleh polisi

Rizieq Gelar Pernikahan Anaknya, Transjakarta Alihkan RuteIlustrasi Jakarta (IDN Times/Sukma Shakti)

Polisi sebelumnya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Petamburan. Kasatlantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi menjelaskan, ada dua jalan yang akan direkayasa.

"Yang dari arah Tanah Abang dialihkan di Jalan Petamburan 2 ke belakang RS Pelni," kata Lilik saat dikonfirmasi, Sabtu.

Menurut Lilik, arus lalu lintas dari Slipi nantinya bakal diluruskan ke Pejompongan. Namun, dia mengatakan, rekayasa lalu lintas ini masih bersifat situasional, melihat massa yang berkumpul.

"Dengan catatan apabila masa sudah penuh, kalau belum ya normal aja. Pengalihan arus situasional," kata Lilik.

Baca Juga: Rizieq Shihab Nikahkan Putrinya, Sejumlah Tokoh dan Ulama Akan Hadir

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya