Tidak Usah Bete, KCI Siapkan Puluhan Bus Pengganti KRL yang Anjlok

Bersyukur ada opsi untuk pergi kerja

Jakarta, IDN Times – Imbas dari tiga gerbong kereta rel listrik (KRL) yang anjlok di kawasan Tanah Sereal, Bogor, PT KCI akan menyiapkan moda transportasi pengganti yaitu bus penumpang. Dilansir dari Antara, Wakil Presiden bidang Komunikasi PT Kereta Cepat Indonesia (PT KCI), Eva Chairunisa menyebut ada puluhan bus yang disediakan. Beberapa bus tersebut antara lain tujuan Bogor-Bekasi 11 unit, Bogor-Kampung Rambutan 3 unit, dan Bogor Lebak-Bulus 10 unit. Selain itu juga disiapkan 15 armada bus sebagai cadangan.

1. Ada puluhan bus yang disiapkan

Tidak Usah Bete, KCI Siapkan Puluhan Bus Pengganti KRL yang AnjlokAntara/Widodo S. Jusuf

Direktur PT KAI Edi Sukmoro membenarkan telah menyiapkan bus bagi penumpang setia KRL yang hendak menuju ke tujuannya. "Itu sudah dibicarakan dengan Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan terkait melesetnya perkiraan waktu dan moda transportasi pengganti untuk masyarakat," katanya.

Selain itu, disiapkan bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus TransJakarta (APTB) rute Bogor (Bubulak) ke Rawamangun, Blok M, dan Grogol 30 unit.

Baca Juga: Seluruh Biaya Perawatan Korban KRL Anjlok Dijamin Jasa Raharja

2. Evakuasi terus berjalan

Tidak Usah Bete, KCI Siapkan Puluhan Bus Pengganti KRL yang AnjlokIDN Times/Irfan Fathurohman

Sementara itu, sejak pukul 05.00 WIB, evakuasi terus berjalan. Satu jalur pada perlintasan di Kebon Pedes, Tanah Sereal, Kota Bogor juga sudah dapat dilalui. "Tapi untuk jalur satunya belum. Masih terdapat tiga gerbong yang anjlok dan nantinya diharapkan dapat selesai pada pukul 10.00 WIB," katanya.

3. Evakuasi gerbong kereta dan satu jalur yang beroperasi

Tidak Usah Bete, KCI Siapkan Puluhan Bus Pengganti KRL yang AnjlokIDN Times/Irfan Fathurohman

Eva mengatakan, bahwa saat ini baru satu jalur dengan keberangkatan dari Stasiun Bogor yang bisa dilalui. Sementara sebagian perjalanan KRL lainnya yang biasanya dijadwalkan pemberangkatan dari Stasiun Bogor, akan dialihkan melalui rekayasa pola operasi dengan pemberangkatan dari Stasiun Cilebut, Bojong Gede, Citayam, dan Depok.

Rekayasa pola operasi tersebut dilakukan guna memaksimalkan layanan KRL pada Senin pagi, karena perbaikan satu jalur di area yang sebelumnya menjadi lokasi anjlok KA 1722 antara Stasiun Cilebut - Stasiun Bogor masih proses perbaikan.

4. Permohonan maaf dari PT KCI

Tidak Usah Bete, KCI Siapkan Puluhan Bus Pengganti KRL yang AnjlokIDN Times/Margith Damanik

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan peristiwa anjloknya kereta commuter line KA 1722 di Bogor, Provinsi Jawa Barat, relasi Jatinegara-Bogor, pada Minggu pagi sekitar pukul 10.15 WIB itu.

Eva dalam keterangannya di Jakarta, menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan di lintas Bogor-Jakarta Kota.

"Atas nama perusahaan, kami sampaikan permohonan maaf sehubungan dengan anjlokan KA 1722 relasi Jatinegara-Bogor di petak jalan antara Cilebut-Bogor," kata Eva.

Baca Juga: Perbaikan Prasarana KRL Anjlok Masih Dilakukan Hingga Malam Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya