Artis Anggota KKB Ditangkap Polisi di Puncak Papua Tengah

Pelaku terlibat dua kasus pembakaran

Puncak, IDN Times – Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz 2023 berhasil menangkap seorang angggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Kamis (21/9/2023).

Hal itu disampaikan Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023, AKBP Dr. Bayu Suseno, melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Sabtu (23/9/2023). 

Baca Juga: Penjaga Kios Ditembak di Puncak Papua Tengah, Diduga Ulah KKB

1. Pelaku berinisial AK alias Artis

Artis Anggota KKB Ditangkap Polisi di Puncak Papua TengahAK alias Artis, anggota KKB yang ditangkap di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Kamis (21/9/2023). (IDN Times/Istimewa)

Dalam keterangan tersebut, Bayu mengatakan pelaku yang ditangkap di Ilaga berinisial AK alias Artis.  "Usianya 20 tahun, jenis kelamin laki-laki, beralamat di Kampung Manggume, Distrik Pomukia, Kabupaten Puncak," ujarnya. 

Dalam penangkapan tersebut, lanjut Bayu, personel Satgas Damai Cartenz juga telah mengamankan sejumlah barang bukti.

"Barang bukti yang berhasil kami amankan berupa 1 buah tas kecil, 3 buah kalung manik-manik, 1 buah botol minuman, 1 buah handphone merk Oppo, 1 buah pisau carter, 1 buah kalung besi dan 1 buah kalung mainan warna kuning," papar Bayu.

Baca Juga: Kemenkes Investigasi Meninggalnya 6 Warga Papua Tengah

2. Pelaku AK terlibat dalam dua kasus pembakaran

Artis Anggota KKB Ditangkap Polisi di Puncak Papua TengahKasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, AKBP Dr. Bayu Suseno. (IDN Times/Istimewa)

Dia mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku AK sejauh ini telah terlibat dan turut serta dalam dua kasus pembakaran. Kasus yang pertama, AK ikut berperan dalam aksi pembakaran rumah warga dan basecamp PT Unggul pada 23 Mei 2023 lalu.

Kemudian pada kasus yang kedua, AK juga terlihat dalam aksi pembakaran gedung SMA Negeri 1 Ilaga pada 17 Agustus 2023 lalu. 

"Saat ini, yang bersangkutan masih dalam proses pemeriksaan di Polres Puncak untuk pengembangan lebih lanjut," ungkap Bayu.

3. Penegakkan hukum terhadap KKB akan terus dilakukan

Artis Anggota KKB Ditangkap Polisi di Puncak Papua TengahKa Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani SSos, S.I.K, M.H. (IDN Times/Istimewa)

Di samping itu, Kepala Satuan Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, menegaskan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz akan terus melakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya.

"Kami akan terus lakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua" tegas Faizal.

Baca Juga: Satu Anggota KKB Ditangkap, Diduga Banyak Terlibat Penyerangan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya