Dikunjungi Wapres, RSUD Mimika Gelar Pengobatan hingga Sembako Gratis

Ma'aruf Amin berkunjung ke Mimika pada 11 Juli 2023

Timika, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, direncanakan kembali mengunjungi Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada 11 Juli 2023. Ma'ruf akan berada di Timika selama tiga hari hingga 13 Juli 2023.

Salah satu agendanya, Ma'aruf Amin akan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika di Jalan Yos Sudarso.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Generasi Muda Semangat dan Produktif 

1. RSUD bakal gelar baksos operasi katarak dan bibir sumbing

Dikunjungi Wapres, RSUD Mimika Gelar Pengobatan hingga Sembako GratisDirektur RSUD Mimika, dr. Antonius Pasulu. (IDN Times/Endy Langobelen)

Direktur RSUD Mimika, dr. Antonius Pasulu, mengatakan dalam kunjungan Wapres nanti, pihaknya akan menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) operasi katarak dan bibir sumbing secara gratis. 

Kegiatan tersebut, kata Antonius, diprakarsai juga oleh Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD), Dinas Kesehatan Mimika, PTFI, Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI), Tim Dokter RSPAD, TNI, Polri dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). 

"Untuk di RSUD sendiri itu kegiatannya operasi katarak dan bibir sumbing," ujar Anton, Sabtu (8/7/2023). 

2. Pendaftaran ditutup, sebanyak 90 pasien telah terdaftar

Dikunjungi Wapres, RSUD Mimika Gelar Pengobatan hingga Sembako GratisOperasi katarak gratis digelar oleh PT Agincourt Resources (PTAR) selaku pengelola Tambang Emas Martabe di RS Bhayangkara Batangtoru, Tapsel, Rabu (14/9/2022) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Anton menjelaskan pendaftaran pasien yang berlangsung sejak dua bulan lalu telah ditutup pada pekan lalu, dan sebanyak 90 pasien telah terdaftar.

"Penjaringan pasiennya itu dari Dinkes, Kodim dan RSUD sudah berjalan dua bulan terakhir dan sudah ditutup dari minggu lalu," tuturnya.

Untuk pasien katarak, kata Anton, terdapat 78 pasien. Sementara pasien bibir sumbing 12 orang.

"Terakhir ada tambahan lima orang untuk bibir sumbing, jadi total semua pasien yang ikut operasi ada 90-an orang," ungkapnya.

Baca Juga: Wapres Sebut Pemerintah Tak akan Bubarkan Pesantren Al Zaytun

3. Pelaksanaan operasi pada 11 Juli 2023

Dikunjungi Wapres, RSUD Mimika Gelar Pengobatan hingga Sembako GratisIDN Times/Denisa Tristianty

Lebih lanjut, Anton mengatakan, pelaksanaan operasi akan berlangsung pada 11 Juli 2023.

"Kami sedang dalam tahap persiapan. Operasi akan dilakukan 11 Juli 2023. Besoknya kunjungan Wapres tanggal 12," ungkap Anton. 

Selain pelayanan gratis operasi katarak dan bibir sumbing, ada juga pengobatan umum dan gigi, pemberian vitamin A serta pembagian sembako.

"Nanti pasien yang menjalani operasi akan mendapatkan paket sembako," pungkasnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya