Dua Korban KM Farida Indah Ditemukan Selamat, 6 Lainnya Masih Hilang

Kedua korban ditemukan nelayan

Timika, IDN Times - Dua dari delapan korban tenggelamnya kapal motor (KM) Farida Indah di Perairan Timika, Papua Tengah, berhasil dievakuasi tim SAR gabungan, Selasa (27/6/2023).

Hal itu disampaikan Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika, Charles Y. Batlajery, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (28/6/2023) pagi.

Baca Juga: KM Farida Indah yang Bawa 8 Penumpang Hilang Kontak di Perairan Mimika

1. Kedua korban ditemukan nelayan

Dua Korban KM Farida Indah Ditemukan Selamat, 6 Lainnya Masih HilangKasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika, Charles Y. Batlajery, S.E. (IDN Times/Istimewa)

Charles mengatakan kedua korban tersebut ditemukan nelayan KM Nagoya 02.

"Sebelumnya, saat melakukan pencarian KM Farida Indah beserta delapan penumpangnya di hari kelima pencarian, tim SAR gabungan mendapatkan informasi dari petugas jaga pos TNI AL, bahwa ada kapal nelayan KM Nagoya 02 menemukan dua dari delapan korban KM Farida Indah," ujarnya.

Kedua korban masing-masing atas nama Bakhris dan Ahmad alias Muti. Mereka ditemukan di perairan Pronggo dalam keadaan selamat.

2. Tim SAR gabungan diberangkatkan ke lokasi korban

Dua Korban KM Farida Indah Ditemukan Selamat, 6 Lainnya Masih HilangDua korban tenggelamnya KM Farida dievakuasi. (IDN Times/Istimewa)

Mendapatkan informasi tersebut, Charles pada Senin, 26 Juni 2023 siang langsung memberangkatkan tim SAR gabungan menuju titik koordinat KM Nogoya 02, yang berjarak kurang lebih 80 Nml dari muara Poumako, Mimika.

Personel SAR gabungan yang terdiri dari anggota rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika dan prajurit TNI AL Timika, diberangkatkan menggunakan Kapal RB 217 Timika.

"Akhirnya setelah menempuh kurang lebih 10 jam perjalanan, pukul 21.48, tim SAR gabungan tiba di lokasi KM Nagoya 02, dan langsung mengevakuasi dua ABK KM Farida Indah tersebut," kata Charles.

"Setelah dievakuasi, tim SAR gabungan tiba di dermaga Basarnas Timika pada Selasa pukul 09.30 WIT," imbuhnya.

Baca Juga: Kapal Berpenumpang 55 Orang Tenggelam di Kepulauan Seribu

3. Korban diserahkan ke pihak medis PSC 119 Dinkes Mimika

Dua Korban KM Farida Indah Ditemukan Selamat, 6 Lainnya Masih HilangTiba di Dermaga Basarnas Timika, kedua korban KM Farida Indah langsung diserahkan ke pihak medis. (IDN Times/Istimewa)

Charles menyampaikan, setibanya tim evakuasi di pelabuhan Basarnas Timika, kedua korban langsung diserahkan kepada pihak medis.

"Dua ABK KM Farida Indah diserahkan ke pihak medis dari PSC (Public Safety Center) 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, untuk selanjutnya dibawa ke RSUD Mimika," tuturnya.

Sementara terkait enam korban lainnya yang belum ditemukan, Charles mengatakan, pihaknya masih melakukan evaluasi dan koordinasi untuk melakukan pencarian.

Sebelumnya, KM Farida Indah yang berpenumpang delapan orang dikabarkan hilang kontak setelah berangkat dari Mimika, Papua Tengah, menuju Asmat, Papua Selatan.

Kapal yang juga memuat bahan bangunan itu bergerak dari Mimika sejak 19 Juni 2023, dan seharusnya tiba di Asmat pada 20 Juni 2023. Namun, sampai 22 Juni 2023, kapal tersebut belum juga tiba dan dikabarkan tenggelam di perairan Timika.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya