Gedung Pemerintahan Kabupaten Jayapura Hangus Terbakar

Sejumlah kantor penting mendiami gedung tersebut

Jayapura, IDN Times – Insiden kebakaran yang melanda fasilitas layanan publik di Papua kembali terjadi. Kali ini, kebakaran menimpa salah satu gedung di kompleks Pemerintah Kabupaten Jayapura, Kamis (17/8/2023) pagi.

Gedung tersebut diketahui merupakan tempat beroperasinya sejumlah kantor penting, yakni Dinas Perpustakaan, Kearsipan; RRI Kabupaten Jayapura/Radio Kenambay Umbay; serta Kantor KPU Kabupaten Jayapura.

Baca Juga: Perpustakaan SMAN 1 Ilaga di Puncak Papua Ludes Dibakar KKB

1. Polres Jayapura mengerahkan puluhan personel

Gedung Pemerintahan Kabupaten Jayapura Hangus TerbakarPuluhan personel Polres Jayapura dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar sebuah gedung di kompleks Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (17/8/2023). (IDN Times/Istimewa)

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, saat dikonfirmasi mengatakan, saat kebakaran itu terjadi pihaknya langsung mengerahkan puluhan personel ke lokasi.

"Polres Jayapura dengan cepat merespons laporan kebakaran dengan mengirim puluhan personel dan mobil water canon untuk membantu memadamkan api yang cepat merembet," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat (18/8/2023). 

Fredrickus mengungkapkan, pihaknya telah mengambil tindakan cepat dalam menangani situasi darurat tersebut. 

Baca Juga: KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua Tengah

2. Penyebab kebakaran belum diketahui

Gedung Pemerintahan Kabupaten Jayapura Hangus TerbakarKapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen.

Fredrickus menyebutkan, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab dari insiden kebakaran tersebut.

Sampai dengan saat ini, pihaknya masih menunggu hasil identifikasi dan analisis dari laboratorium forensik. 

"Saat ini, informasi awal menunjukkan api berasal dari kantor kearsipan dan kemudian merembet ke kantor lainnya. Namun, penyebab dan kerugian secara detail masih dalam tahap penyelidikan," tambahnya.

Baca Juga: 3 Warga Sipil Tewas Ditembak di Nduga Papua Pegunungan

3. Kapolres bakal evaluasi sistem keamanan di Kantor Bupati

Gedung Pemerintahan Kabupaten Jayapura Hangus TerbakarSebuah gedung di kompleks Pemerintah Kabupaten Jayapura ludes terbakar, Kamis (17/8/2023). (IDN Times/Istimewa)

Fredrickus mengatakan, dirinya sangat menyayangkan insiden kebakaran ini terjadi. Dia menegaskan akan melakukan evaluasi tentang sistem keamanan di Kantor Bupati. 

"Kejadian ini menjadi pelajaran bahwa setiap bangunan harus memiliki sistem pencegahan kebakaran. Namun, kami menyadari bahwa gedung ini sudah ada dalam kondisi yang cukup lama," tuturnya. 

Menurutnya, kebakaran ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah dan masyarakat setempat mengingat kompleks Pemerintah Kabupaten Jayapura memiliki peran vital dalam penyelenggaraan layanan publik. 

Dia berharap pihak berwenang dapat mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk mencegah insiden serupa terjadi pada masa mendatang.

Baca Juga: Putra Putri Papua di Upacara HUT RI, Ada Lilly Wenda dan Grup M.A.C

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya