Lomba Mobil Hias Ramaikan Pawai Takbir di Timika

Ribuan umat muslim padati jalan raya Kota Timika

Timika, IDN Times - Setelah sebulan penuh berpuasa selama Ramadan, ribuan umat muslim di Kota Timika, Papua Tengah, Jumat (21/3/2024) malam, mengikuti pawai takbir yang digelar Pemda Mimika melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI). 

Pawai takbir keliling yang dipusatkan di pelataran Graha Eme Neme Yauware itu, disemarakan dengan perlombaan mobil hias berhadiah jutaan rupiah.

Baca Juga: Pemkot Bekasi Imbau Masyarakat Takbiran di Masjid dan Musala

1. Sebanyak 60 lebih peserta yang terdaftar dalam lomba mobil hias

Lomba Mobil Hias Ramaikan Pawai Takbir di TimikaMobil hias ramaikan malam takbiran di Timika, Papua Tengah. (IDN Times/Endy Langobelen)

Ketua PHBI Kabupaten Mimika, Laitam Gredenggo, mengatakan peserta mobil hias yang telah mendaftar mencapai 60 lebih.

"Saking semangatnya masyarakat, ada peserta yang bahkan menampilkan dua mobil hias sekaligus," ungkap Laitam saat diwawancarai sebelum dimulainya pawai takbir keliling.

"Jika ditambah dengan simpatisan yang terlihat saat ini, maka dipastikan ada sekitar ratusan mobil hias yang ramaikan malam takbiran tahun ini," imbuhnya.

2. Pawai takbir dan lomba mobil hias dibuka Plt Bupati Mimika

Lomba Mobil Hias Ramaikan Pawai Takbir di TimikaPlt Bupati Mimika, Johannes Rettob. (IDN Times/Endy Langobelen)

Hadir sebagai Pelaksanaan Tugas (Plt) Bupati Mimika, Johannes Rettob, membuka rangkaian kegiatan sekaligus melepas rombongan peserta lomba mobil hias. 

Dalam sambutannya, sosok yang akrab disapa John itu mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah, bagi seluruh umat muslim di Kabupaten Mimika. 

"Kita patut bersyukur pada Tuhan karena satu bulan penuh kita sudah merayakan ibadah bulan suci Ramadan, kita berpuasa dengan luar biasa dan pada malam hari ini, kita sambut Idul Fitri dengan takbiran yang kita laksanakan dengan pawai mobil hias," kata John.

Dia berharap, momen keberkahan pada malam Lebaran tidak hanya dimaknai sebagai ajang untuk bersenang-senang atau sekadar seremonial, namun kiranya dapat menguatkan iman umat beragama, terlebih umat Islam yang sedang merayakan. 

"Saya berharap kegiatan ini menjadi satu penambah keimanan kita. Kita ubah perilaku kita, kita buat supaya iman kita semakin kuat, sehingga besok kita sambut Idul Fitri dengan suka cita dan kemenangan," tutur John.

Baca Juga: Bupati Ipuk Jalan Keliling Pawai Obor Bareng Warga

3. Ratusan personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan

Lomba Mobil Hias Ramaikan Pawai Takbir di TimikaKepolisian tengah mengatur lalu lintas saat pawai takbir di Timika, Papua Tengah. (IDN Times/Endy Langobelen)

Sementara, Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, menyampaikan 300 personel gabungan telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan di beberapa titik di Kota Timika.

"Kami memastikan bahwa situasi kondisi selama pelaksanaan tetap berada dalam kondisi yang terkendali dan kondusif," ujar Kapolres.

Pantauan IDN Times di lapangan, pelaksanaan pawai takbir dan lomba mobil hias berlangsung meriah. Pawai  dimulai dari Graha Eme Neme Yauware menuju ke Jalan Budi Utomo, lalu ke Jalan Hasanuddin. Kemudian menuju Jalan Yos Sudarso, Jalan Belibis, dan kembali ke titik kumpul Eme Neme Yauware.

Selama pawai takbir berjalan, gema  takbir berkumandang di sepanjang jalan. Ribuan umat muslim tampak memadati jalan raya Kota Timika. Adapun umat agama lain juga turut membantu mengamankan dan meramaikan pawai takbiran ini. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya