Perpustakaan SMAN 1 Ilaga di Puncak Papua Ludes Dibakar KKB

Sempat terdengar suara tembakan dari belakang sekolah

Puncak, IDN Times – Bangunan perpustakaan milik SMA Negeri 1 Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, dikabarkan ludes dibakar pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023). 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi via pesan singkat membenarkan kejadian tersebut. 

Dia menyebutkan bahwa insiden itu berlangsung pada pukul 13.28 WIT di SMAN 1 Ilaga, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. 

Baca Juga: KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua Tengah

1. Diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)

Perpustakaan SMAN 1 Ilaga di Puncak Papua Ludes Dibakar KKBKelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar bendera Republik Indonesia di Nduga Papua. (dok. TPNPB-OPM)

Benny mengatakan, terbakarnya gedung perpustakaan tersebut diduga akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Titus Murib. 

"Bangunan perpustakaan SMAN 1 Ilaga hangus terbakar akibat aksi pembakaran yang dilakukan oleh KKB pimpinan Titus Murib (KKB Kepala Air)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/8/2023) siang.

Baca Juga: Begini Cara Bawaslu Awasi Pemilu di Daerah Rawan KKB

2. Kronologi peristiwa pembakaran perpustakaan SMAN 1 Ilaga

Perpustakaan SMAN 1 Ilaga di Puncak Papua Ludes Dibakar KKBKabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo (Dok.Humas Polda Papua)

Benny menjelaskan, kabar tentang kebakaran tersebut pertama kali diterima oleh Personel Satgas Kopasgat Yonko 468/Sarotama Pos 25 Bandara Aminggaru melalui saluran komunikasi Channel HT Jajaran TNI-Polri Ilaga.

"Saat itu, asap tebal terlihat berasal dari bangunan kompleks sekolah Ilaga," tuturnya.

Melihat hal itu, aparat keamanan gabungan TNI-Polri langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian menggunakan 2 unit kendaraan roda empat jenis rantis dan truk. 

"Sesampainya di SMAN 1 Ilaga, aparatur tersebut langsung melakukan penyisiran," katanya.

Benny mengungkapkan, pada saat melakukan penyisiran, aparat keamanan pun sempat diganggu oleh suara tembakan pistol yang berasal dari arah belakang SMAN 1 Ilaga. 

"Walaupun sempat melakukan tembakan balasan, aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri tidak melakukan pengejaran dikarenakan hal tersebut diindikasi merupakan pancingan dari KKB," terang dia.

Baca Juga: Wakapolda Papua Apresiasi Personel yang Tindak KKB di Yahukimo

3. Aparat masih lakukan penjagaan di lokasi kejadian

Perpustakaan SMAN 1 Ilaga di Puncak Papua Ludes Dibakar KKBIlustrasi - Aksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Lebih lanjut, Benny mengatakan, situasi wilayah hingga saat ini masih tetap diawasi dengan ketat oleh aparat keamanan TNI-Polri. 

"Mereka berada dalam status Siaga 1, siap mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan yang mungkin dilakukan oleh kelompok KKB," ungkapnya. 

Menurut Benny, aksi pembakaran yang diduga dilakukan oleh KKB ini merupakan upaya untuk mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Puncak. 

"Tindakan tersebut dilakukan pada saat momentum peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-78," kata Benny.

Meski demikian, lanjut Benny, aparat keamanan TNI-Polri tetap berupaya melaksanakan tindakan pencegahan. 

"Mereka berupaya mencegah aksi gangguan keamanan susulan yang mungkin dilakukan oleh kelompok KKB Puncak, dengan tujuan melindungi keamanan personel dan aset negara," ucapnya.

Baca Juga: KKB Serang Pos Brimob di Yahukimo, Tak Ada Korban Jiwa

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya