Semarak Karnaval Budaya Menyongsong Opening TIFA 2023

Peserta mengenakan busana adat dan busana daur ulang

Timika, IDN Times – Dalam rangka menyongsong pembukaan Timika Inside Festival of Art (TIFA) 2023, sejumlah sanggar seni dan budaya serta para modeling menyemarakan karnaval budaya yang berlangsung pada Kamis (25/3/2023) pagi di Kota Timika, Papua Tengah. 

Pantauan IDN Times, para peserta yang dibaluti pakaian adat melakukan long march dari pelataran Graha Eme Neme Yauware, kemudian melintasi Jalan Belibis menuju perempatan Bank Papua, lalu kembali lagi ke titik awal. 

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Berat di Nduga Papua

1. Peserta karnaval budaya mengenakan pakaian adat dari berbagai suku

Semarak Karnaval Budaya Menyongsong Opening TIFA 2023Busana adat dari berbagai suku ramaikan Karnaval Budaya TIFA 2023. (IDN Times/Endy Langobelen)

Ketua Panitia TIFA 2023, Dina Merani, menjelaskan, pakaian adat yang digunakan oleh setiap peserta berasal dari berbagai suku yang ada di Papuk baikyang berada di wilayah pegunungan maupun pesisir.

"Ada juga mereka yang mengenakan busana adat nusantara, seperti busana adat Toraja, Maluku, Kalimantan, dan sebagainya," ujar Dina saat diwawancarai IDN Times seusai pelaksanaan karnaval budaya.

Baca Juga: Metrologi Goes to School Digelar, Edukasi Alat Ukur bagi Murid Mimika

2. Busana daur ulang sebagai simbol mencintai lingkungan

Semarak Karnaval Budaya Menyongsong Opening TIFA 2023Tampak busana daur ulang dalam Karnaval Budaya TIFA 2023. (IDN Times/Endy Langobelen)

Tak hanya menampilkan pakaian adat, karnaval budaya ini juga turut memperlihatkan busana yang terbuat dari bahan daur ulang seperti plastik dan kain bekas. 

"Kami juga menampilkan busana-busana daur ulang seperti busana recycle dan upcycle. Itu sebagai wujud atau simbol mencintai lingkungan," jelas Dina. 

Untuk para peserta yang terlibat, kata Dina, sebagian besar adalah sanggar-sanggar yang nantinya akan menampilkan hasil karyanya selama tiga hari ke depan. 

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Tangkap Pimpinan KKB Berinisial KTH 

3. Pameran seni budaya dan kuliner sudah dapat dikunjungi

Semarak Karnaval Budaya Menyongsong Opening TIFA 2023Ketua Panitia TIFA 2023, Dina Merani. (IDN Times/Endy Langobelen)

Dina mengatakan, dengan berlangsungnya karnaval budaya, maka setiap stan pameran budaya dan bazar kuliner sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat. 

"Pameran dan bazar ini terdiri dari kriya, fashion, dan juga makanan-makanan. Dari Jayapura dan Wamena juga ikut meramaikan," terang Dina.

Mewakili panitia TIFA 2023, Dina mengajak seluruh masyarakat untuk datang meramaikan dan melihat secara langsung pergelaran TIFA 2023.

Sebagai informasi, pembukaan TIFA 2023 akan dilaksanakan pada pukul 15.00 WIT di pelataran Graha Eme Neme Yauware. 

"Acaranya akan dibuka oleh perwakilan Pemda Mimika, Kepala Dinas Pariwisata Jayapura, dan juga perwakilan dari PT Freeport Indonesia. Setelah pembukaan, nantinya para sanggar akan menampilkan berbagai macam pertunjukan," ucapnya.

Baca Juga: Pelaku Kenal dengan Anak Penjabat Gubernur Papua Pegunungan di Medsos 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya