Seorang Warga Diduga Simpatisan KKB di Yakuhimo Papua Jadi Tersangka

Sebanyak 21 orang lainnya telah dipulangkan

Timika, IDN Times - Pasca-penggerebekan dan penangkapan 22 orang yang diduga simpatisan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada 16 Mei 2023 di Yahukimo, Papua Pegunungan, kini polisi menetapkan seorang di antaranya sebagai tersangka.

Hal itu diungkapkan Kepala Satgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Pol. Donny Charles Go, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (19/5/2023) malam.

Baca Juga: 21 Orang Diduga Anggota KKB di Papua Ditangkap

1. Tersangka sebagai pelaku penembakan anggota Polri

Seorang Warga Diduga Simpatisan KKB di Yakuhimo Papua Jadi TersangkaKasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, Kombespol Donny Charles Go. SIK. (IDN Times/Istimewa)

Dalam keterangannya, Donny mengatakan, tersangka berinisial AS, 25 tahun, merupakan pelaku penembakan anggota Polri di jembatan 2, Jalan Porid Logpon KM 7, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

"Polisi telah menetapkan satu pelaku dalam kasus penembakan anggota Polri di Kabupaten Yahukimo, yang mengakibatkan meninggal dunia pada 30 November 2022 lalu," ujar dia.

Donny menjelaskan anggota Polri yang meninggal dunia dalam insiden itu bernama Bripda Gilang, yang merupakan anggota Satgas Ops Damai Cartenz 2022.

2. Donny sebut 21 orang lainnya telah dipulangkan

Seorang Warga Diduga Simpatisan KKB di Yakuhimo Papua Jadi TersangkaPertemuan Polres Yahukimo dan beberapa tokoh masyarakat. (IDN Times/Istimewa)

Selain satu orang yang ditetapkan sebagai tersangka, telah dipulangkan ke rumah mereka.

"Dari 22 orang yang diamankan, satu ditetapkan tersangka, sementara 21 orang lainnya telah dipulangkan," ujar Donny.

Baca Juga: Ditembak KST, Satu Prajurit TNI Gugur di Puncak Papua Tengah

3. Sebelumnya polisi juga menetapkan 3 tersangka

Seorang Warga Diduga Simpatisan KKB di Yakuhimo Papua Jadi TersangkaPolisi amankan 9 orang saat menggerebek tempat persembunyian KKB di Yahukimo, Kamis (4/5/2023). (IDN Times/Istimewa)

Kombes Pol. Donny mengatakan, sebelumya pada 4 Mei 2023, polisi juga mengamankan 9 orang dengan gerak-gerik yang mencurigakan.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap 9 orang tersebut, didapati 3 orang yang turut serta ikut dalam pembunuhan warga masyarakat di Kabupaten Yahukimo dan ke-6 orang lainya telah dipulangkan," ungkap Donny.

Dia juga mengimbau dan berharap kepada masyarakat di Kabupaten Yahukimo, agar dapat bekerja sama dengan aparat keamanan dalam menuntaskan kelompok kriminal bersenjata yang masih berkeliaran.

"Jika mengetahui ada orang-orang yang mencurigakan, segera melapor kepada petugas kepolisian agar bisa diamankan sesegera mungkin, sehingga nantinya tidak menimbulkan hal-hal baru yang dapat merugikan masyarakat," pungkas Donny.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya