TNI-Polri Amankan Satu Anggota KKB Wilayah Ilaga Puncak

B alias YM saat ini diamankan di Polres Mimika

Timika, IDN Times - Tim gabungan TNI-Polri berhasil mengamankan satu orang, diduga sebagai anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Rabu, 5 April 2023.

Melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat (7/4/2023), Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombespol Faizal Ramadhani, menyampaikan bahwa penangkapan ini berawal dari adanya laporan masyarakat terkait keberadaan anggota KKB tersebut. 

Atas laporan tersebut, personel TNI Pos Kodim Persiapan Satgas Yonif PR 303/SSM Puncak langsung melakukan sweeping dan mengamankan sosok yang mencurigakan itu.

1. Sosok yang diamankan berinisial B alias YM

TNI-Polri Amankan Satu Anggota KKB Wilayah Ilaga PuncakKepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombespol. Dr. Faizal Ramadhani, S.SOS, S.I.K, M.H. (IDN Times/Istimewa)

Kombespol Faisal mengatakan, setelah yang bersangkutan diamankan, pihaknya kemudian melakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan itu, diketahui yang sosok mencurigakan itu merupakan salah satu anggota KKB wilayah Puncak yang berinisial B alias YM. 

“Setelah yang bersangkutan diamankan oleh rekan-rekan TNI, kemudian telah diserahkan kepada penyidik Ops Damai Cartenz dan Polres Puncak untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya”, kata dia menjelaskan.

Baca Juga: Satu Prajurit TNI Tewas Kontak Tembak dengan KKB di Nduga Papua

2. B alias YM telah diamankan ke Polres Mimika

TNI-Polri Amankan Satu Anggota KKB Wilayah Ilaga PuncakAnggota KKB berinisial B alias YM diamankan TNI-Polri. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Kombespol Faisal menyebutkan bahwa saat ini keberadaan B alias YM telah dipindahkan dan diamankan ke Polres Timika.

“Untuk saat ini, yang bersangkutan telah diamankan di Polres Mimika untuk dilakukan pemeriksaan oleh penyidik”, kata dia. 

Kombespol Faisal mengungkapkan, B alias YM merupakan salah satu anak buah dari pimpinan KKB Puncak, Numbuk Telenggen dan Pilanus Walker.

3. B alias YM kerap terlibat dalam sejumlah aksi KKB

TNI-Polri Amankan Satu Anggota KKB Wilayah Ilaga PuncakB alias YM merupakan anggota KKB Puncak pimpinan Numbuk Telenggen dan Pilanus Walker. (IDN Times/Istimewa)

Menurut keterangan yang disampaikan, B alias YM beberapa kali terlibat dalam sejumlah aksi KKB yang menimbulkan korban jiwa, baik dari masyarakat sipil maupun aparat TNI-Polri.

Beberapa aksi itu di antaranya yakni aksi penembakan terhadap tukang ojek atas nama Udin, yang meninggal dunia pada tanggal 14 April 2021 di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak.

Kemudian aksi pembakaran Tower BTS pada tanggal 3 Januari 2021 dan pembakaran Helicopter UP MI815 Milik PT Ersa di Bandara Aminggaru tanggal 11 April 2021 silam.

"Dan penembakan terhadap anggota Ops Nemangkawi di Kampung Olenki pada 27 April 2021 lalu," papar Kombespol Faisal.

Baca Juga: Satu Prajurit TNI Tewas Kontak Tembak dengan KKB di Nduga Papua

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya