Profil Abraham Sridjaja, Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 dari Golkar 

Mengenal lebih dekat Abraham Sridjaja, Caleg Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Sebagai generasi pertama dalam keluarga yang terjun ke dunia politik, Abraham Sridjaja bisa dibilang berani ambil risiko. Bagaimana tidak, meski sudah mapan berkarier sebagai advokat sekaligus pengusaha, ia rela memulai lagi langkahnya di dunia yang baru dari nol.

Dalam perhelatan Pemilu 2024, Abraham mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPR RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta 2 yang meliputi daerah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri. 

Berikut profil dan sosok dari Abraham Sridjaja. 

1. Profil Abraham Sridjaja

Profil Abraham Sridjaja, Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 dari Golkar Abraham Sridjaja (kiri) dan bisnis electric vehiclenya @skywellindonesia instagram.com/abrahamsrijaya

Lahir pada 30 Juni 1992, di Kota Surabaya, Abraham Sridjaja atau yang lebih akrab dipanggil Mas Abam merupakan salah satu kader muda dari Partai Golkar yang memulai kariernya sebagai advokat sekaligus pengusaha bisnis startup. 

Ia menyelesaikan studi Sarjana Hukum di Universitas Airlangga, lalu melanjutkan jenjang S2 Studi Magister Hukum di Universitas Indonesia, dan S3 Program Doktor Ilmu Hukum yang masih dijalani hingga sekarang di Universitas Airlangga. 

Abraham bisa dibilang potret sosok generasi milenial yang ideal. Sebelum terjun ke dunia politik, kariernya di dunia advokat meraih beberapa prestasi seperti, menjadi advokat termuda di tim kuasa hukum eks Mensos Juliari Batubara, delegasi Indonesia dalam Pertemuan Pemuda Dunia PBB tahun 2018, dan masuk dalam list "10 Pemuda Terbaik" menurut Junior Chamber International.

Di dunia bisnis, kiprahnya juga tak kalah mentereng. Mengikuti sekolah wirausaha di Harvard Business School Entrepreneur dan kerap mengajarkan ilmunya kepada generasi muda melalui beberapa workshopnya yakni Success With Millenial Generation dan Start Up For Young Entrpreneur. Selain itu, Abraham juga menjadi Direktur Utama PT. Kendaraan Listrik Indonesia yang mendirikan pabrik perakitan untuk Transjakarta dan bus listrik Indonesia.         

Baca Juga: Perludem: Politik Asal Comot Jadi Tantangan bagi Caleg Perempuan

2. Perjalanan karier politik Abraham

Profil Abraham Sridjaja, Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 dari Golkar Foto Abraham Sridjaja (instagram.com/abrahamsrijaya)

Besar di Kota Surabaya dan berasal dari keluarga yang kental dalam hukum, Abraham justru berminat menekuni dunia politik. Meskipun ia tak menyangkal, dirinya sempat apatis terhadap dunia politik Indonesia. Namun, di tahun 2016, setelah bergabung dan ditunjuk menjadi Ketua Mudi Karya Ahok, ia mulai terinspirasi, jatuh cinta, dan peduli dengan dunia politik Indonesia.

Hal ini pula, yang menyebabkan keluarga Abraham cukup syok di Pemilu 2019 saat dirinya memutuskan untuk menjadi Caleg Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo dari Partai Golkar. Abraham juga mengungkapkan bahwa dirinya memilih bergabung dengan partai Golkar karena ia sendiri adalah generasi pertama dalam keluarganya yang masuk ke dalam politik.

Di usia 32 tahun, Abraham saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Angkatan Muda Pembangunan Indonesia (AMPI) dan dalam kontestasi Pemilu 2024 ini mendeklarasikan dirinya maju sebagai Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2, yang meliputi daerah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri.

Baca Juga: Profil Andi Dwina Isfani, Caleg PKB yang Diperiksa KPK

3. Maju ke DPR RI mewakili Dapil DKI Jakarta 2 di Pemilu 2024

Profil Abraham Sridjaja, Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 dari Golkar Abraham blusukan ke kampung di Jakarta Pusat (instagram.com/abrahamsrijaya)

Selama satu setengah tahun, Abraham bersama dengan Tim Sahabat Abraham Sridjaja melakukan kampanye di berbagai tempat dengan slogan #SUDAHWAKTUNYA menyuarakan visi misinya yang terfokus kepada transparansi di bidang sosial, agama, kepemudaan, luar negeri, dan kesejahteraan sosial.

Abraham mengaku selama berkampanye dirinya lebih memilih untuk turun langsung ke lapangan dan melihat langsung kondisi masyarakat. Hal ini disebutnya sebagai pengabdian, dan jika terpilih kelak ia akan terus menjalaninya.

"Dananya gila-gilaan. Maju menjadi caleg itu, gak mungkin balik modal. Jadi ini pengabdian," ujar Abraham dalam program GenZ Memilih IDN Times Episode 59: Caleg Muda, Cari Kerja atau Bela Rakyat.

Abraham juga menyampaikan agar anak muda genZ dan Millenial sebelum memilih, untuk riset dahulu latar belakang calegnya. "Jangan yang popularitas saja dan jangan lupa tanggal 14 nyoblos!" katanya.

https://www.youtube.com/embed/1g43qcrR--Q

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya