Seorang Lansia Jadi Pasien Virus Corona Pertama di Ekuador

Sebelumnya pasien tinggal di Spanyol

Jakarta, IDN Times - Korban wabah virus corona atau Covid-19 terus bertambah dan menyebar di berbagai negara. Belum lama, Ekuador melaporkan kasus pertama warganya terjangkit virus mematikan itu.

Dilansir Reuters, Menteri Kesehatan setempat mengonfirmasi adanya kasus virus corona di Ekuador pada Sabtu (29/2). Seorang warga yang terjangkit virus asal Tiongkok itu merupakan seorang wanita lansia.

1. Korban sebelumnya tinggal di Spanyol

Seorang Lansia Jadi Pasien Virus Corona Pertama di EkuadorIlustrasi medik di ruang isolasi di RS Wuhan, Foto diambil tanggal 16 Februari 2020. (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Menteri Kesehatan Ekuador Catalina Andramuo mengatakan pasien lansia tersebut merupakan seorang wanita lanjut usia yang tinggal di Spanyol. Wanita tersebut baru tiba di Ekuador pada 14 Februari lalu, menggunakan penerbangan langsung dari Madrid.

Saat dalam perjalanan dari Madrid, ia sedang dalam kondisi kesehatan yang tidak baik. Wanita tersebut jatuh sakit, tetapi ia belum menunjukkan gejala apapun dari virus corona. Ketika jatuh sakit, wanita lansia itu dilarikan ke rumah sakit, yang saat ini mendiagnosa lansia tersebut terjangkit Covid-19.

Baca Juga: [BREAKING] Korban Tewas Pertama Akibat Virus Corona Terjadi di Amerika

2. Wanita lansia itu menjalani perawatan intensif

Seorang Lansia Jadi Pasien Virus Corona Pertama di EkuadorIlustrasi (Dok. IDN Times/Istimewa)

Pasien virus corona yang sudah tidak muda lagi itu tengah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

"Pasien tersebut saat ini tengah dalam perawatan yang begitu intensif di sebuah rumah sakit, yang memang rumah sakit itu secara khusus kami gunakan untuk menangani pasien virus corona," ujar Catalina.

Catalina menambahkan pemerintah Ekuador tengah mengawasi sejumlah orang yang mungkin melakukan kontak langsung dengan pasien virus corona tersebut.

3. WHO menyebut virus corona telah menjangkiti lebih dari 82.000 manusia

Seorang Lansia Jadi Pasien Virus Corona Pertama di EkuadorIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, Brasil telah melaporkan terlebih dahulu kasus pertama virus corona yang terjadi di Amerika Latin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan saat ini wabah virus mematikan ini telah menjangkiti 82.000 orang lebih. Covid-19 juga dikatakan telah mengakibatkan lebih dari 2.800 orang meninggal dunia.

Tak hanya itu, dampak virus asal Tiongkok tersebut mengakibatkan pemberhentian sementara di sejumlah penerbangan. Berbagai maskapai penerbangan yang biasanya melayani perjalanan dari atau menuju ke Tiongkok terpaksa dihentikan sementara, guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Sejumlah lembaga pendidikan di Tiongkok juga melakukan proses kegiatan akademik dengan cara daring.

https://www.youtube.com/embed/11Z_De-8EJY

Baca Juga: Australia Laporkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya