Menpora: Bob Hasan Dedikasikan Hidupnya untuk Atletik Indonesia

Bob Hasan meninggal dunia karena menderita kanker paru-paru

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali merasa kehilangan dengan kepergian Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Bob Hasan. Menurutnya, Bob Hasan merupakan orang yang berdedikasi tinggi untuk memajukan olahraga Indonesia.

"Jasa beliau (Bob Hasan) olahraga di Indonesia sangat luar biasa, khususnya untuk cabang olahraga atletik," kata Zainudin kepada wartawan, Selasa (31/3).

"Padahal, orang seusia beliau yang sudah sepuh seperti itu kebanyakan sudah istirahat di rumah. Tapi beliau tidak demikian, dengan segala pengorbanan dan pengabdiannya, sebagian besar hidup beliau didedikasikan untuk kemajuan olah raga Indonesia khususnya cabor (cabang olahraga) atletik," lanjut dia.

Baca Juga: [BREAKING] Bob Hasan Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Soebroto

1. Bob Hasan sering hadir menemani atlet latihan di Lapangan Madya

Menpora: Bob Hasan Dedikasikan Hidupnya untuk Atletik IndonesiaKetua PB PASI, Muhammad Bob Hasan berbincang bincang dengan Lalu Muhammad Zohri sebelum sesi latihan lari estafet di Stadion Madya Senayan, Selasa (7/5/2019). ANTARA/Boyke LW

Politikus Partai Golkar tersebut punya kesan tersendiri melihat pengorbanan Bob Hasan di olahraga atletik. Zainudin mengakui jika Bob Hasan merupakan orang hebat lantaran hampir setiap hari hadir di Lapangan Madya Senayan, Jakarta, menemani atlet, pelatih, dan pengurus cabor untuk melihat perkembangan dalam latihan.

"Jikalau bukan karena panggilan jiwa dan dedikasi tulus, tak mungkin rasanya Bob Hasan terus getol menyambangi Lapangan Madya," ujar pria kelahiran Gorontalo 58 tahun silam itu.

2. Menpora sebut semua orang merasa kehilangan sosok Bob Hasan

Menpora: Bob Hasan Dedikasikan Hidupnya untuk Atletik IndonesiaMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat kunjungan fasilitas olahraga milik Unesa Senin (17/2). IDN Times/Tarida Alif

Oleh sebab itu, Zainudin menilai wajar jika dia secara pribadi dan masyarakat Indonesia khususnya stakekholders olahraga merasakan kesedihan mendalam dan merasa sangat kehilangan dengan kepergian mantan Menteri Perdagangan dan Perindustrian era Presiden Soeharto tersebut.

"Selamat jalan Pak Bob Hasan, semoga Allah SWT menerima segala amal kebaikannya dan almarhum husnul khotimah. Turut berduka cita," tukas Zainudin Amali.

3. Bob Hasan melahirkan banyak atlet berprestasi

Menpora: Bob Hasan Dedikasikan Hidupnya untuk Atletik IndonesiaEmilia Nova sumbang medali eams ke-70 dalam gealran SEA Games 2019 (Instagram.com/emilianovanv)

Seperti diberitakan sebelumnya, Bob Hasan mengembuskan napas terakhir pada Selasa (31/3) pukul 11.00 WIB. Petinggi PB PASI yang sudah terpilih sejak 1976 ini meninggal dunia karena penyakit kanker paru-paru, yang baru diketahui diderita pada Januari 2020.

Pengabdiannya untuk PB PASI memang tak usah diragukan lagi. Konon, Bob Hasan tak segan menggelontorkan dana sampai Rp10 miliar untuk membiayai asosiasi dan atlet-atlet PASI untuk meraih prestasi. Walhasil, ia dikenal seperti bapak olahraga atletik di Tanah Air.

Beberapa atlet berprestasi pun sempat dibantu olehnya untuk mengikuti kejuaraan dunia, sebut saja mantan pelari tercepat Indonesia Suryo Agung, Sprinter tercepat Asia Tenggara Lalu Zohri, sampai atlet lari gawang peraih medali emas SEA Games Filipina 2019, Emilia Nova.

Baca Juga: 5 Fakta Bob Hasan, Mantan Menteri yang Pernah Dibui di Nusakambangan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya