Demo UMP, Buruh Blokade Akses Gerbang Tol dan Jalan Ahmad Yani Bekasi 

Massa aksi ancam kembali tutup akses Tol Bekasi Barat

Bekasi, IDN Times - Sejumlah akses jalan protokol di Kota Bekasi diblokade massa demonstasi buruh yang menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP), Kamis (23/11/2023). 

Pantauan IDN Times pada pukul 13.00 WIB, massa aksi terlihat menutup akses gerbang Tol Bekasi Barat dengan menggunakan sepeda motor dan dua mobil komando. 

Penutupan itu mengakibatkan kendaraan yang ingin menuju Jakarta maupun Cikampek tidak dapat melintas. Selain itu, kendaraan yang melintas di jalan depan gerbang Tol Bekasi Barat juga mengalami kemacetan. 

Namun, aksi penutupan akses tol tidak berlangsung lama dan hanya terjadi sekitar 30 menit. Ratusan peserta aksi tersebut kembali melanjutkan perjalanannya menuju kantor Disnas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi. 

Baca Juga: Daftar UMP 2024 di 30 Provinsi, Maluku Utara-DKI Jakarta Tertinggi

1. Tutup Jalan Ahmad Yani, Bekasi

Demo UMP, Buruh Blokade Akses Gerbang Tol dan Jalan Ahmad Yani Bekasi Massa aksi buruh tutup Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Setelah menutup gerbang Tol Bekasi Barat, masa aksi kembali memblokade Jalan Ahmad Yani tepatnya di depan kantor Disnaker. Mereka sempat menutup seluruh lajur arah gerbang Tol Barat. 

Aksi blokade total jalan pun berlangsung sekitar 10 menit. Massa aksi kemudian membuka satu lajur agar dapat dilalui pengendara. 

Kemacetan pun tidak terhindar dan diperkirakan mengekor hingga sepanjang 4 KM. 

Dalam orasi yang disampaikan, buruh menuntut kenaikan UMP sebesar 16 persen. Mereka juga mengancam akan kembali menutup akses Tol Bekasi Barat jika tuntutannya tidak dipenuhi.

Baca Juga: Partai Buruh Belum Beri Dukungan pada Capres, Nama Anies Dicoret

2. Massa aksi juga terjadi di Kabupaten Bekasi

Demo UMP, Buruh Blokade Akses Gerbang Tol dan Jalan Ahmad Yani Bekasi Viral, Massa aksi buruh tutup akses menuju kawasan MM2100, Kabupaten Bekasi. (Dokumen instagram Bekasi24Jam)

Selain di Kota Bekasi, demontrasi buruh juga terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi. Video ratusan buruh menutup akses menuju MM2100 sempat viral di media sosial. 

Aksi demontrasi itu juga membuat di beberapa titik jalan arteri wilayah Kabupaten Bekasi mengalami kemacetan yang cukup panjang. 

Baca Juga: Usai Ditetapkan Tersangka, Rumah Firli Bahuri di Bekasi Dijaga Brimob

3. Warga terganggu

Demo UMP, Buruh Blokade Akses Gerbang Tol dan Jalan Ahmad Yani Bekasi Massa aksi buruh tutup Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, seorang warga yang berprofesi sebagai ojek online, Riko (36) mengatakan, aksi buruh yang melakukan blokade mengganggu pekerjaannya. 

"Saya mau jemput customer ini, malah kena macet," katanya di lokasi demontrasi. 

Dia juga berharap, massa buruh membuka lajur lainnya agar lalu lintas kembali normal.

"Saya sih gam apa-apa kalau ada demo gini, tapi kalau bisa sisakan jalan lah buat pengendara lainnya," katanya. 

Baca Juga: Mobil Diduga Milik Firli, Keluar dari Rumahnya di Bekasi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya