H-5 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Melintas di Bekasi Hampir 29 Ribu

Arus mudik meningkat 30 persen

Bekasi, IDN Times - Polres Metro Bekasi Kota mencatat sebanyak 28 ribu pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor sudah melintasi Kota Bekasi menuju wilayah Pantai Utara pada Jumat (5/4/2024) malam. 

"Kalau pada malam hari ini, yang lewat terpantau dari pos pelayanan itu untuk jumlah kendaraan roda dua ada 28.977," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Yugi Bayu Hendarto kepada wartawan, Jumat.

1. Mengalami peningkatan 30 persen

H-5 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Melintas di Bekasi Hampir 29 RibuJalur mudik di Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Selain sepeda motor, jalur arteri juga menjadi jalur alternatif bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat. Sebab, pada Jumat (5/4) malam, sudah terdapat sebanyak 19 ribu mobil yang melintas. 

"Kemudian untuk yang truk 1.476, Bus 1.095 dan kemudian yang sedan 19.113 kendaraan," kata Yugi. 

Dari angka tersebut, lanjut Yugi, arus mudik neningkat hingga 30 persen dari hari sebelumnya. 

"Iya dari kemarin, tadi malam meningkat. Itu sudah terlihat meningkat. Kami perkirakan 20 hingga 30 persen," kata Yugi. 

Baca Juga: Korlantas Polri Prediksi Kepadatan Arus Mudik Terjadi Malam ini

2. Rekayasa mengurai kemacetan

H-5 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Melintas di Bekasi Hampir 29 RibuH-6 Lebaran, Jalur Kalimalamg Bekasi Masih Ramai Lancar. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga menyampaikan, pihaknya akan mengutamakan jalannya para pemudik jika mengalami kepadatan di traffic lights yang mengarah ke jalur pantura. 

"Rekayasanya kalau ada traffic light yang arus untuk mudik, kita bisa rekayasa dengan dua kali tarikan atau tiga tarikan. Kemudian untuk arah yang sedikit arusnya mungkin cuma satu kali," jelasnya. 

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Mulai Malam Ini

3. Kerahkan 118 personel satlantas

H-5 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Melintas di Bekasi Hampir 29 RibuH-6 Lebaran, Jalur Kalimalamg Bekasi Masih Ramai Lancar. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelumnya, Yugi mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 118 personel untuk mengatur arus lalulintas di masa mudik lebaran 2024.

Dia menambahkan, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, diimbau tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Sebab dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lainnya. 

"Kalau umpama membawa barang, jangan sampai melibihi kapasitasnya karena bisa membahayakan pengemudi dan penumpang. Kalau mau berkendara yang jauh harus perhatikan kondisi fisik maupun kondisi kendaraan kita," jelas Yugi, Kamis (4/4/2024). 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya