Ratusan Siswa SD Peringati Satu Tahun Kecelakaan Maut Truk di Bekasi

Peringatan tersebut juga dihadiri orangtua korban tewas

Bekasi, IDN Times - Ratusan siswa SDN 2 dan 3 Kota Baru, Jalan Sultan Agung, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi memperingati satu tahun kecelakaan maut truk di lingkungan sekolah tersebut tahun 2022 lalu. Peringatan tersebut digelar di halaman lapangan sekolah pada Kamis (31/8/2023). 

Pantauan di lokasi, selain siswa, terlihat juga beberapa guru dan wali murid. Mereka khidmat membacakan doa untuk 10 orang yang menjadi kecelakaan tersebut. 

Isak tangis dari salah satu orangtua korban meninggal pun sempat pecah saat prosesi tabur bunga berlangsung setelah doa bersama.

Baca Juga: Kasus Kecelakaan Truk Tabrak Pemotor di Lenteng Agung Naik Penyidikan

1. Sudah sepakat mengadakan doa bersama

Ratusan Siswa SD Peringati Satu Tahun Kecelakaan Maut Truk di BekasiGuru dan murid melakukan tabur bunga di lokasi kecelakaan. (IDN Times/Imam Faishal)

Guru agama SDN Kota Baru 2, Abdullah, mengatakan, kegiatan tersebut sudah disepakati oleh pihak sekolah, wali murid dan warga sekitar. Dia juga menjelaskan, doa bersama itu diikuti murid dari kelas 4,5 dan 6.

"Alhamdulillah, pada hari ini sudah sepakat dari dewan guru, kepala sekolah, warga, dan juga wali murid. Bahwa tanggal 31 Agustus pas setahun (tragedi kecelakaan), maka kami dan juga anak kelas 4,5,6 melakukan berdoa bersama," katanya, Kamis.

Baca Juga: Ahli Waris Segel 3 SD Negeri di Bekasi, Ratusan Murid Terpaksa PJJ

2. Memberikan motivasi ke murid

Ratusan Siswa SD Peringati Satu Tahun Kecelakaan Maut Truk di BekasiSalah satu orang tua korban tewas tidak dapat menahan tangisnya. (IDN Times/Imam Faishal)

Selain mendoakan korban, lanjut Abdullah, kegiatan tersebut juga untuk memberikan motivasi agar siswanya tetap semangat untuk menempuh ilmu dengan menghadirkan ustaz. 

"Bersyukur kita masih dikasih kesempatan dalam satu tahun ini. Kedua, dengan adanya haul ini, biar anak-anak tambah semangat, paling tidak dia tidak melupakan, bukan berarti harus ingat terus, tapi paling tidak (dengan kejadian itu) harus bangkit, semangat," katanya.

Kegiatan doa bersama juga bertujuan untuk mengingatkan wali murid agar terus mewaspadai anaknya saat di luar lingkungan sekolah.

"Harapan ketiga khususnya wali murid paling tidak ada semacem kewaspadaan kedepannya, meskipun (saat ini) sudah memiliki pintu gerbang baru," katanya. 

Baca Juga: Cara Naik LRT dari Stasiun Jatimulya Bekasi

3. Kecelakaan tewaskan 10 orang

Ratusan Siswa SD Peringati Satu Tahun Kecelakaan Maut Truk di BekasiPemakaman dua korban kecelakaan truk maut di Bekasi, Vidi dan Maryati (IDN Times / Imam Faishal)

Sebelumnya, korban kecelakaan maut truk kontainer bermuatan besi menabrak tiang pemancar sinyal dan pedagang di depan SDN Kota Baru 2 dan 3 menewaskan 10 orang pada 31 Agustus 2022.

"Jadi, korban sampai saat ini adalah secara keseluruhan ada 30, tapi yang meninggal 10 orang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman di lokasi, Rabu (31/8/2022). 

Berikut identitas 10 korban tewas dalam kecelakaan maut tersebut:

1. Abdul Muiz Al-Habsy, 11 tahun 

2. Syamsudin Baharsyah, 25 tahun

3. Timu, 59 tahun

4. Ilham Agusti Syaefulloh, 13 tahun 

5. Taufik, 22 tahun 

6. Maryati, 37 tahun 

7. Vidi Fabiano, 9 tahun 

8. Ridho Santoso, 20 tahun 

9. Santoso Fauzi, 33 tahun 

10. Naufal Shidqii , 8 tahun 

Baca Juga: Kurangi Polusi, Wali Kota Bekasi Imbau ASN Gunakan Transportasi Umum

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya