Ridwan Kamil Hadiri Bucin Fest, 300 Pasangan Dinikahkan di Bekasi

BucinFest dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bekasi, IDN Times - Sebanyak 300 pasangan pengantin melaksanakan pernikahan secara massal, dalam acara Bucin Fest (Bukti Cinta Festival) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (14/5/2023). 

Acara Bucin Fest diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan BJB dan Pemerintah Kota Bekasi.

"Hari ini yang bisa terselesaikan menikah masal sekirtar 300 pasangan," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada wartawan, Minggu (14/5/2023).

Baca Juga: 3 Bakal Capres dan Wapres Hadiri Resepsi Pernikahan Jessica Mila-Yakub

1. Bucin Fest digelar untuk pasangan yang sudah siap menikah

Ridwan Kamil Hadiri Bucin Fest, 300 Pasangan Dinikahkan di BekasiPemprov Jabar nikahkan 300 pasangan di Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil menjelaskan, Bucin Fest merupakan bentuk perhatian Pemprov kepada masyarakat Jawa Barat yang sudah siap menikah namun terdapat kendala.

"Jadi Pemprov Jabar memperhatikan data banyaknya pasangan yang sudah siap menikah tapi mengalami kendala-kendala biaya, sehingga banyak aspirasi masuk yang membuat mereka menunda-nunda (menikah)," jelas Kang Emil.

"Akhirnya kita solusikan oleh sebuah acara besar di wilayah Bodebek dulu, namanya Bukti Cinta Festival atau BucinFest," lanjutnya.

2. Nikah massal gratis

Ridwan Kamil Hadiri Bucin Fest, 300 Pasangan Dinikahkan di BekasiPemprov Jabar gelar nikah massal di Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Ridwan Kamil juga menyebut, tidak ada syarat khusus untuk mengikuti acara nikah massal tersebut. Bahkan, nantinya pasangan pengantin akan diberikan bingkisan berupa peralatan rumah tangga.

"Syaratnya laki-laki dan perempuan, lain-lainnya kami urus. Tadi dapat hadiah dari saya masing-masing hampers istilahnya ya, di dalamnya peralatan rumah tangga, ada doorprize juga," jelasnya.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan, BJB akan memfasilitasi setiap pasangan yang ingin menjadi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Juga difasilitasi Bank BJB kalau ternyata dari ratusan itu ada yang mau UMKM, jadi kehidupannya naik kelas lah oleh negara dalam bentuk pernikahan sampai usahanya juga nanti akan kita fasilitasi," katanya.

Baca Juga: Simulasi 8 Cagub DKI Versi Indikator: Ridwan Kamil Teratas

3. Akan diadakan di kota/kabupaten lain

Ridwan Kamil Hadiri Bucin Fest, 300 Pasangan Dinikahkan di BekasiGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Imam Faishal)

Acara Bucin Fest 2023 akan kembali digelar beberapa bulan ke depan di salah satu kota atau kabupaten di Jawa Barat. Namun, kata Ridwan Kamil, ia belum menyebut wilayah mana yang akan digelar BucinFest.

"Dua bulan lagi juga ada, tapi di wilayah lain biar adil," katanya.

Ridwan juga berpesan kepada pasangan yang sudah menikah, agar menjadi pasangan yang harmonis hingga akhir hayat.

"Menikah syaratmya satu, sabar aja buat istri harus taat pada suami kemudian harus jadi teladan inspirasi. Karena menikah itu perjalanan ibadah terpanjang dalam agama kita. Ya saya doakan lahir batin suapaya sakinah, mawadah, warohmah," ujarnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya