Robot Jihandak Dikerahkan Cek Lokasi Kebakaran Gudang Peluru

Petugas belum berani mendekati gudang peluru

Bogor, IDN Times - Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) mengerahkan robot penjinak bom ke lokasi kebakaran di Gudang 6 Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Minggu (31/3/2024) dini hari.

Pantauan IDN Times di lokasi, robot tersebut mulai memasuki kawasan gudang peluru sekitar pukul 00.40 WIB. Selain robot, Jihanadak juga mengerahkan sebuah drone untuk menerangi jalannya robot yang memiliki ketinggian sekitar satu meter.

Berdasarkan informasi yang diterima, robot tersebut akan mengecek kondisi di dalam gudang. Jika sudah kondusif, mobil pemadan kebakaran akan dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayor Jendral Mohamad Hasan menceritakan, kebakaran di gudang peluru terjadi setelah berbuka puasa. Ledakan terjadi di Gudang 6 dari 16 gudang yang ada di Gudmurah.

"Jadi pada pukul 18.05 tadi, ditemukan adanya asap digudang nomor 6, Gudmurah Kodam Jaya ini," katanya kepada wartawan, Sabtu.

Saat itu, anggota TNI yang bertugas pun langsung memeberikahu warga sekitar, agar tidak panik dan jika menemukan slongsong peluru agar segera melapor.

"Dan ternyata itu indikasi ledakan, sehingga anggota segera memberitahukan kepada piket untuk memberikan warga sekitar bahwa telah terjadi ledakan," jelasnya.

Hasan menyebut amunisi di gudang ini sudah kedaluwarsa dan sudah dilaporkan untuk ditiadakan. Tempat amunisi berada di bawah tanah namun ledakan hingga ke udara. Dia menyebut kebakaran terjadi bukan karena korsleting karena tidak ada aliran listrik, tetapi diduga karena pergeseran bahan amunisi. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran ini. 

Baca Juga: 135 KK Diungsikan akibat Kebakaran Gudang Peluru TNI di Ciangsana

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya