Rumah Firli Digeledah 3 Jam, Polda Metro Tak Temukan Barang Bukti

Kuasa hukum minta mengedepankan azas praduga tidak bersalah

Bekasi, IDN Times - Polda Metro Jaya (PMJ) telah menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri, yang berlokasi di Vila Galaxy, RT 01, RW 19, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (26/10/2023) siang. 

Kuasa Hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar mengatakan, penggeledahan rumah Firli yang dilakukan tim penyidik dari satuan direktorat reserse kriminal khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya berlangsung selama tiga jam. 

Penggeledahan itu juga disaksikan oleh Firli Bahuri yang sejak pagi sudah berada di rumahnya. 

"Penggeledahan dimulai dari jam 12.30 WIB sampai selesai kurang lebih 3 jam setengah mereka (Polda Metoi Jaya) melakukan penggeledahan terhadap rumah pribadi Bapak Firli," katanya kepada wartawan setelah mendampingi penggeledahan tim penyidik. 

Baca Juga: Kasus Firli Bahuri: 3 Rumah di Bekasi Digeledah, 4 Saksi Diperiksa

1. Tidak ada barang bukti yang diamankan

Rumah Firli Digeledah 3 Jam, Polda Metro Tak Temukan Barang BuktiPerumahan Vila Galaxy, Cluster A1-A2, RW 19 di mana Ketua KPK Firli Bahuri tinggal. (IDN Times/Imam Faishal)

Dari penggeledahan itu, lanjut Ian, pihak kepolisian tidak menemukan sama sekali barang bukti terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan Firli Bahuri. 

"Dari hasil penggeledahan pihak penyidik Polda tidak ada satupun barang bukti yang ditemukan, terkait dengan tuduhan kepada beliau," ungkapnya. 

Ian juga mengatakan, saat ini kliennya Firli Bahuri masih berstatus sebagai saksi. Dia juga meminta agar Polda Metro Jaya (PMJ) mengedepankan azas praduga tidak bersalah. 

"Tentu saja kami selaku kuasa hukum menghormati proses hukum ini dengan tetap megimbau kepada para pihak penyidik, untuk tetap mengedepankan azas praduga tidak bersalah kepada klien kami," ungkapnya. 

2. Banyak tuduhan yang tidak terbukti

Rumah Firli Digeledah 3 Jam, Polda Metro Tak Temukan Barang BuktiPerumahan Vila Galaxy, Cluster A1-A2, RW 19 di mana Ketua KPK Firli Bahuri tinggal. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga menyebut, banyak tuduhan yang diterima oleh Firli Bahuri seperti membocorkan dokumen penting hingga dugaan pemerasan. 

"Dan hari ini pun kita sudah menyaksikan tuduhan yang terkait dengan dugaan pemerasan sampai sekarang tidak ditemukan bukti ya," ungkapnya. 

Dia juga menyayangkan tim penyidik PMJ menggeledah rumah tetangga Firli dan rumah singgah Firli di Kertanegara, Jakarta Selatan, yang tidak ada kaitannya dengan kasus itu. 

"Ada bebrapa tempat yang sebenarnya tidak ada hubungan sama sekali dengan Pak Firli tapi tetap diperiksa, seperti rumah di Kertanegara dan ada beberapa rumah tetangga (Firli di Bekasi) yang tidak ada hubungan sama sekali, kaitannya dengan kepemilikan pribadi Pak Firli," jelasnya. 

3. Tim penyidik meninggalkan rumah Firli

Rumah Firli Digeledah 3 Jam, Polda Metro Tak Temukan Barang BuktiRombongan Polda Metro Jaya meninggalkan rumah Firli Bahuri. (IDN Times/Imam Faishal)

Perlu diketahui, tim penyidik Dirkrimsus yang dipimpin oleh Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak meninggalkan rumah Firli sekitar pukul 16.00 WIB. 

Namun, rombongan dari Polda Metro Jaya tidak memberikan keterangan sedikit pun ke awak media yang sudah menunggu di depan cluster rumah Firli Bahuri. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya