Yes! Mudik dari Jalur Bekasi ke Jawa Tidak Ada Penyekatan

Polisi siapkan 13 posko mudik dan vaksinasi booster

Bekasi, IDN Times - Polres Metro Bekasi akan menyiapkan 13 posko yang akan disebar di beberapa titik jalur mudik Lebaran 2022 di Kabupaten Bekasi. Posko tersebut terdiri dari 11 pos pengamanan (Pospam) dan dua pos pelayanan (Posyan). 

"Kalau di Kabupaten Bekasi pos pengamanan pada saat arus mudik Lebaran ada 11 dan pos pelayanan ada dua," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kompol Arga Dija Putra kepada wartawan, Kamis (7/4/2022). 

Baca Juga: Pemudik, Ini Jalur-Jalur Tol dari Jabodetabek ke Merak dan Tarifnya 

1. Tidak ada penyekatan

Yes! Mudik dari Jalur Bekasi ke Jawa Tidak Ada PenyekatanIlustrasi: Petugas kepolisian menghentikan kendaraan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Arga menjelaskan, 11 posko tersebut tersebar di beberapa titik seperti di jalur Pantura, jalur Kalimalang, jalan tol, dan Rest Area Tol Jakarta-Cikampek. 

Menurut Arga, tidak ada penyekatan pada arus mudik Lebaran tahun 2022 ini di Kabupaten Bekasi. Namun, pihaknya akan memberlakukan contra flow jika terjadi kemacetan. 

"Tidak ada penyekatan, namun nanti situasional. Kalau nanti situasinya macet akan dilakukan contra flow (one way)," jelasnya. 

2. Pelayanan vaksinasi booster

Yes! Mudik dari Jalur Bekasi ke Jawa Tidak Ada PenyekatanGerai vaksin gratis di Taman Gor Palu, Jumat (4/6/2021). IDN Times/Kristina Natalia

Selain memantau dan mengamankan arus mudik, Polres Metro Bekasi juga akan menyiapkan gerai vaksin booster di setiap pos pelayanan. 

"Kalau pos pelayanan nanti kita siapkan juga gerai vaksin, nanti mungkin kita lakukan pengecekan uji sampling juga, kalau ada pemudik yang belum vaksin, kita sarankan untuk vaksin di pos pelayanan itu," jelas Arga. 

3. Selain sudah vaksinasi booster, pemudik harus perhatikan kesehatan dan kendaraannya

Yes! Mudik dari Jalur Bekasi ke Jawa Tidak Ada PenyekatanIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Polres Metro Bekasi meminta kepada masyarakat agar sebelum mudik Lebaran, harus sudah melakukan vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga. 

"Jangan lupa vaksin, karena sesuai perintah Presiden kan yang pemudik ini harus melaksanakan vaksin booster," kata Arga. 

Selain vaksinasi booster, Arga juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik untuk selalu memperhatikan kesehatan dan juga memperhatikan kendaraannya dengan mengecek rem, oli, ban dan lain sebagainya, agar dapat selamat sampai kampung halaman. 

"Imbauannya tetap perhatikan keselamatan pada saat melaksanakan mudik, kan berkendaraan, siapkan kendaraannya, siapin dirinya, terus hati-hati," tegas Arga.

Baca Juga: Pemkot Bekasi Imbau Masyarakat Tidak Lakukan Buka Puasa Bersama

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya