Comscore Tracker

Aset Berharga, Lamongan Tunggu Arahan dari Pusat Soal Van der Wijck

BPCB sebut 75 persen itu adalah bangkai Van der Wijck

Lamongan, IDN Times - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi meminta semua pihak terlibat dalam eksplorasi kapal Van der Wijck di perairan utara laut Lamongan. Menurutnya, kapal Van der Wijck yang saat ini tenggelam di Lamongan merupakan aset berharga bangsa Indonesia. Ia pun menyebut saat ini masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

1. Pemkab Lamongan bakal berkoordinasi dengan pemerintah pusat

Aset Berharga, Lamongan Tunggu Arahan dari Pusat Soal Van der WijckGambar penampakan bangkai kapal Van der Wijck ya g berhasil diabadikan oleh penyelam. IDN Times/Imron

Usai dilakukan eksplorasi bangkai Kapal Van der Wijck tahap kedua ini, rencananya pemerintah Lamongan akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan proses eksplorasi bangkai Kapal Van der Wijck selanjutnya.

"Kami meminta dukungan dari semua pihak, agar Kapal Van Der Wijck ini dapat menjadi sesuatu yang luar biasa atau aset nasional," kata pria yang akrab disapa Pak YES ini, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Mengenang 85 Tahun Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

2. Kapal tenggelam di Lamongan usia melakukan pelayanan dari Surabaya

Aset Berharga, Lamongan Tunggu Arahan dari Pusat Soal Van der WijckGambar penampakan bangkai kapal Van der Wijck ya g berhasil diabadikan oleh penyelam. IDN Times/Imron

Menurut Yuhronur, kapal Van der Wijck yang karam pada tahun 1936 silam itu adalah kapal termegah yang pernah ada. Kapal ini tenggelam usai melakukan pelayanan dari Surabaya. Selain itu, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Ketua Rukun Nelayan Blimbing Kecamatan Paciran Nur Wachid, dan Nelayan Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong Faizin yang telah membantu proses eksplorasi bangkai kapal.

"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam proses eksplorasi bangkai Kapal Van der Wijck ini, baik para nelayan maupun tim dari BPCB Jawa Timur," ungkapnya.

3. BPCB sebut kapal yang tenggelam hampir pasti adalah Van der Wijck

Aset Berharga, Lamongan Tunggu Arahan dari Pusat Soal Van der WijckArkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho. IDN Times/Imron

Sementara itu, Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho menyebutkan bahwa bangkai kapal yang ditemukan tersebut diyakini sebagai Kapal Van der Wijck yang tenggelam pada tahun 1936 silam. Keyakinan itu muncul setelah BPCB menganalisa data foto dan video yang berhasil didapatkan saat Eksplorasi bangkai kapal Van der Wijck tahap kedua.

"Secara pribadi saya meyakini 75 persen itu bangkai kapal Van der Wijck. Hal nini juga didukung oleh keterangan masyarakat setempat," katanya.

Baca Juga: Cerita Penyelam Van der Wijck, Ada Kepala Ikan Barukuda Sebesar Pohon

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya