Cerita Penyelam Van der Wijck, Ada Kepala Ikan Barukuda Sebesar Pohon

Lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck 17 mil dari pantai

Lamongan, IDN Times - Cerita keangkeran di lokasi yang diduga menjadi titik tenggelamnya kapal Van der Wijck di perairan utara Kabupaten Lamongan memang bukan menjadi rahasia umum. Lokasi yang dikeramatkan oleh para nelayan lokal itu ternyata dijumpai penampakan yang aneh. 

Faizin (48) salah satu nelayan lokal yang ikut dalam pencarian bagian kapal Van der Wijck. Warga Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Lamongan ini melihat secara langsung penampakan kepala ikan barakuda di sekitar kapal yang karam pada tahun 1936 tersebut.

1. Faizin berhasil menyelam di kedalaman 45 meter

Cerita Penyelam Van der Wijck, Ada Kepala Ikan Barukuda Sebesar PohonFaizin salah satu nelayan lokal yang ikut dalam pencarian bangkai kapal Van der Wijck. IDN Times/Imron

Di hari kedua eksplorasi itu, Faizin yang seorang diri berhasil menyelam di kedalaman 45 meter dari permukaan air laut serta berhasil menjelajahi dan mendokumentasi keberadaan kapal Van der Wijck. 

"Ada hal yang sangat aneh saat saya menyelam pak di dasar laut itu, saya melihat secara jelas penampakan kepala ikan barakuda yang sebesar batang pohon kelapa. Anehnya ikan itu kepalanya saja yang berenang," kata Faizin saat memaparkan hasil eksplorasi bangkai Kapal Van der Wijck di Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (21/10/2021).

2. Faizin hanya memakai alat bantu pernapasan dari kompresor

Cerita Penyelam Van der Wijck, Ada Kepala Ikan Barukuda Sebesar PohonGambar penampakan bangkai kapal Van der Wijck ya g berhasil diabadikan oleh penyelam. IDN Times/Imron

Faizin mengatakan, saat dirinya melakukan penyelaman di kedalaman 45 meter, ia hanya memakai alat bantu pernapasan dari kompresor. Kompresor itu kemudian ia pasangi selang memanjang. Saat menyelam, ia dibantu oleh dua penyelam lainnya yang masing-masing bertugas mengatur selang agar tidak terbawa oleh arus ombak bawa laut.

"Kalau pengakuan masyarakat setempat ya di lokasi itu angker sekali dan sampai sekarang tidak ada warga yang berani mendekat meskipun di sekitar bangkai kapal Van der Wijck ikannya sangat banyak," katanya.

3. Faizin mengaku takut saat melihat penampakan kepala ikan barakuda

Cerita Penyelam Van der Wijck, Ada Kepala Ikan Barukuda Sebesar PohonGambar penampakan bangkai kapal Van der Wijck ya g berhasil diabadikan oleh penyelam. IDN Times/Imron

Faizin sendiri adalah salah satu nelayan lokal yang secara langsung ikut turun menyelam dalam eksplorasi kapal Van der Wijck. Sebenarnya ada dua temannya lagi yang juga sesama nelayan yang direncanakan ikut menyelam. Namun, saat hari H, kedua nelayan itu mengundurkan diri.

"Kalau hari pertama melakukan penyelaman saya sendirian saja mas tapi pas hari kedua saya dibantu oleh dua orang penyelam dari Surabaya. Jujur pada saat melihat penampakan kepala ikan barakuda itu perasaan saya takut," katanya.

Baca Juga: 5 Penyelam Temukan Bagian Kapal van der Wijck di Lamongan

4. Atas keberaniannya, Faizin diganjar penghargaan oleh bupati

Cerita Penyelam Van der Wijck, Ada Kepala Ikan Barukuda Sebesar PohonFaizin salah satu nelayan lokal yang ikut dalam pencarian bangkai kapal Van der Wijck. IDN Times/Imron

Atas keberanian dan juga keberhasilannya dalam mendokumentasi keberadaan kapal Van der Wijck itu, pemerintah Lamongan memberikan penghargaan kepada dirinya. 

"Terimakasih banyak atas penghargaan yang diberikan oleh bapak Bupati Lamongan Yuhronur Efendi kepada saya dan menyelam di lokasi karamnya kapal Van der Wijck ini adalah yang pertama kali saya lakukan tentu ini menjadi pengalaman berharga selama saya menjadi nelayan," pungkasnya.

Eksplorasi kapal Van der Wijck sendiri dipusatkan di laut utara Lamongan tersebut atau 17 mil dari garis pantai laut Brondong. Tim dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim berhasil mengamati posisi kapal dengan jelas. Kapal itu karam dalam keadaan miring dan sudah ditumbuhi terumbu karang. Selain itu, tim penyelam juga bisa mengambil puing kapal Van der Wijck seperti tangga naik dan juga cerobong asap.

Baca Juga: Mengenang 85 Tahun Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya