Comscore Tracker

Dapat Nomor Urut Tiga, Kartika: Ini Lambang Kekuatan Besar di Lamongan

Nomor tiga identik dengan salam metal anak muda

Lamongan, IDN Times - Seperti daerah lain, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan hari ini, Kamis (24/9/2020) juga menggeler pengundian nomor urut untuk Pilkada. Hasilnya, pasangan Suhandoyo-Astiti nomor urut 1, Yuhronur-Abdul Rouf nomor urut 2, serta Kartika Hidayati-Saim mendapat nomor urut 3. Meski mendapat nomor urut 3, Kartika mengaku bahwa angka itu adalah sebuah lambang kekuatan besar di Kabupaten Lamongan.

Baca Juga: Pilkada Lamongan, Komunitas Sepeda Ontel Deklarasi Dukung Yuhronur

1. Perwujudan NU, PDIP dan PKB yang mendukungnya

Dapat Nomor Urut Tiga, Kartika: Ini Lambang Kekuatan Besar di LamonganCalon Bupati dan Wakilnya Kartika-Saim. IDN Times/Imron

Calon Bupati (Cabup) Lamongan, Kartika Hidayati mengaku sangat beruntung memperoleh nomor urut 3 dalam Pilkada Lamongan. Menurut dia, nomor tiga itu merupakan lambang kekuatan besar dari partai PKB, PDIP dan Nahdlatul Ulama di Lamongan. PKB dan PDIP adalah dua partai yang mengusungnya, sementara Nahdaltul Ulama selama ini kerap dikaitkan dengan Kartika karena ia merupaka Ketua Muslimat Lamongan.

Selain itu, Kartika juga menyebut jika angka tiga tersebut sangat identik dengan lambang anak muda saat ini. "Tiga ini seperti salamnya anak muda atau mellenial 'salam metal' menang total," kata Kartika. 

Setelah mengambil nomor urut, ketiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati menandatangani pakta integritas pemilu damai dan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

2. Tahapan selanjutnya adalah masa kampanye

Dapat Nomor Urut Tiga, Kartika: Ini Lambang Kekuatan Besar di LamonganPengundian nomor urut pasangan calon. IDN Times/Imron
Sementara itu, Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali menjelaskan, usai pengundian nomor urut, paslon akan memasuki masa kampanye. "Masa kampanye di tengah pandemi COVID-19 ini sudah diatur dalam PKPU nomor 13," jelasnya.
 
Rencananya tahapan kampanye sendiri akan dilakukan mulai 26 September-5 Desember 2020 mendatang.
 
"Kampanye nanti bakal ditekankan pada daring, kalau toh ada pertemuan, itu sangat terbatas. Saya kira efektifitas ya sama saja dengan daring. Jika pada masa kampanye ada Paslon yang melanggar terkait PKPU yang sudah disosialisakan kepada Paslon. Maka akan ada sanksi tegas yang akan di berikan kepada calon tersebut," katanya.
 

3. Hindari kerumunan, jumlah orang yang ikut pengundian dibatasi

Dapat Nomor Urut Tiga, Kartika: Ini Lambang Kekuatan Besar di LamonganPengambilan nomor urut Pilkada Lamongan yang disiarkan langsung melalui YouTube. IDN Times/Imron

Tahapan pengundian nomor urut pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati itu sendiri berlangsung di Lamongan Sport Center (LSC). Karena pertimbangan protokol kesehatan, pengundian disiarkan secara langsung melalui live YouTube dan Zoom Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan. Bahkan, saat sidang berlangsung peserta yang berada di dalam ruangan juga dibatasi.

Baca Juga: Dari 74 Indeks Kerawanan Pilkada, Lamongan Memenuhi 35 Poin  

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya