Tinggalkan Surat, MR Minta Istrinya Lakukan Ini Sebelum Gantung Diri

Korban gantung diri di belakang rumah tetangganya

Lamongan, IDN Times - Seorang pria berinisial MR (41) ditemukan tewas gantung diri di belakang rumah tetangganya di Desa Sidobangun, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Senin (31/5/2021). Diduga MR nekat mengakhiri hidupnya karena terhimpit persoalan ekonomi. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya sepucuk surat yang ditulis MR yang berisikan permintaan agar utangnya dilunasi.

1. Korban gantung diri di belakang rumah tetangganya

Tinggalkan Surat, MR Minta Istrinya Lakukan Ini Sebelum Gantung DiriIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Kedungpring, AKP Yanti Bekti Hartini mengatakan, kasus penemuan orang gantung diri tersebut berawal dari kecurigaan isti korban yang bernama Mudrikah (31). Menurutnya, Mudrikah merasa janggal karena sejak pagi hari korban tidak berada di rumah. Istri korban akhirnya menanyakan keberadaan suaminya itu kepada warga sekitar. Akhirnya MR ditemukan gantung diri di belakang rumah Zainul Muntah oleh istrinya sendiri.

"Iya mas korban ditemukan tewas gantung diri di belakang rumah tetangganya," kata Yanti.

2. Istri korban berteriak setelah melihat suaminya tewas gantung diri

Tinggalkan Surat, MR Minta Istrinya Lakukan Ini Sebelum Gantung DiriIlustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah mengetahui suaminya tewas tergantung, Mudrikah kemudian berteriak hingga akhirnya membuat warga sekitar lokasi berhamburan keluar rumah dan mendatangi lokasi kejadian. Tak lama setelah itu, kepolisian dan tim medis pun datang.

Dari hasil pemeriksaan medis tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan dalam diri korban. Korban murni meninggal dunia karena gantung diri. "Korban juga menulis surat di belakang amplop yang isinya permintaan agar hutangnya dilunasi," kata Yanti.

3. Korban juga tinggalkan uang sebesar Rp455 ribu

Tinggalkan Surat, MR Minta Istrinya Lakukan Ini Sebelum Gantung DiriIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain meninggalkan sepucuk surat, polisi juga menemukan uang sebesar Rp455 ribu yang ditaruh di dalam amplop di lokasi kejadian. Kuat diduga uang tersebut merupakan milik korban yang akan dipergunakan untuk melunasi utangnya.

"Uang dan juga surat itu kemungkinan ditujukan kepada istrinya agar membayar utang korban semasa hidupnya. Jenazah sudah kita evakuasi dan kita serahkan kepada pihak keluarga agar segera dikebumikan," pungkasnya.

_________________________

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565

RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467

RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841

RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601

RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:

Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com

Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID

Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya