343 Jemaah Haji Jatuh Sakit, Mayoritas Kena Heat Stroke

Jemaah kelelahan, dehidrasi hingga disorientasi

Makkah, IDN Times - Pos Kesehatan Haji Mina melayani 343 pasien selama operasional sejak Sabtu (10/8) sampai Senin (12/8). Mayoritas menderita penyakit kekurangan cairan dan kelelahan atau lemas.

Mayoritas kasus dilakukan rawat jalan dan observasi, lalu dikembalikan ke kloter mereka masing-masing. Sisanya, dirujuk ke beberapa RS di Arab Saudi karena butuh penanganan lebih lanjut.

1. Ditemukan 105 kasus di sepanjang jalur jamarat

343 Jemaah Haji Jatuh Sakit, Mayoritas Kena Heat StrokeIDN Times/Uni Lubis

Data terakhir pada Senin (12/8) kemarin, tim Promotif Preventif sudah menemukan 105 kasus di sepanjang jalur Jamarat, mulai dari kelelahan, dehidrasi hingga disorientasi. TPP juga sudah membagikan 308 kotak masker dan 345 pasang sandal.

Sebelumnya, pada Hari Minggu (11/8) menjadi hari tersibuk bagi anggota Tim Gerak Cepat (TGC). Setiap harinya di Mina, TGC mengerahkan 70 anggotanya berjaga di jalur atas dan bawah menuju Jamarat.

Di pos 1 jalur bawah, dalam satu kali shift jaga (12 jam) sempat melayani sebanyak 45 pasien. “Jam 13.00 sampai 17.30 yang ramai sekali, bertubi-tubi jemaah sakit datang,” ujar Lalu Dody, salah seorang anggota TGC.

Baca Juga: Hindari Dehidrasi Menuju Arafah, Jemaah Haji Diajak Minum Air Bersama

2. Kasus terbanyak heat exhausion, heat cramp, dan heat stroke

343 Jemaah Haji Jatuh Sakit, Mayoritas Kena Heat StrokeANTARA FOTO/Aji Styawan

Menurut Dody, saking ramai dan terbatasnya tempat, ia dan tim bahkan harus menangani jemaah di pinggir jalan dan menggantungkan beberapa cairan infus di pagar pembatas di jalur terowongan. Kejadian terbanyak akibat sengatan panas dan kelelahan.

“Kasus terbanyak adalah heat exhausion, heat cramp dan heat stroke. Untuk ketiga kasus tersebut, alhamdulillah tertangani semua. Namun kasus-kasus seperti PPOK (paru kronis ) dan kardiovaskular kami rujuk ke KKHI,” tuturnya.

3. Petugas keamanan Arab Saudi juga jatuh sakit

343 Jemaah Haji Jatuh Sakit, Mayoritas Kena Heat StrokeANTARA FOTO/Aji Styawan

Lain lagi pengalaman dari anggota TGC lainnya. Taryanto, perawat, selama waktu jaganya hari itu, ia menangani sekitar 16 jemaah haji Indonesia. Ia juga sempat melayani seorang Asykar (petugas keamanan Arab Saudi) yang jatuh sakit sekira jam 2.30 dini hari waktu Arab Saudi.

Ia dan tiga rekannya yang saat itu sedang piket dan mengurusi jemaah haji Indonesia, tiba-tiba kedatangan beberapa anggota Asykar yang membopong seorang rekannya yang nampak kelelahan. Meskipun semestinya sebagai Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memprioritaskan jemaah asal Indonesia, tapi atas nama kemanusiaan ia beranjak untuk membantu memulihkan kesehatan si petugas keamanan tersebut.

Kerja ekstra yang dilakukan oleh seluruh petugas kesehatan di Mina diapresiasi oleh Kapuskes Haji, Eka Jusup Singka. Keberadaan mereka terbukti tidak hanya bermanfaat bagi jemaah Indonesia tetapi juga bagi orang di sekitarnya. Ia berharap pelaksanaan pelayanan kesehatan di Mina akan berjalan lebih baik lagi.

4. Banjr sempat melanda Mina

343 Jemaah Haji Jatuh Sakit, Mayoritas Kena Heat StrokeIDN Times/Uni Lubis

Banjir melanda Mina, Makkah, Arab Saudi. Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kota suci itu, sejak Senin (12/8) kemarin. Banjir terjadi tepat di terowongan Muashim. Kendati demikian, banjir tidak sampai menimbulkan adanya korban jiwa atau sakit, khususnya di kalangan jemaah haji asal Indonesia.

Baca Juga: Terbawa Banjir, Sampah Berserakan di Tenda Jemaah Haji Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya