Aksi Unjuk Rasa di Wamena, Semua Penerbangan Ditunda Sementara 

Tiga penerbangan reguler menuju Wamena ditunda

Wamena, IDN Times - Beberapa penerbangan di Bandara Wamena ditunda lantaran terjadi unjuk rasa. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara meminta agar semua pihak untuk selalu waspada dan siaga dalam menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan.

Ph Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Dadun Kohar menyampaikan, bandara merupakan objek vital nasional dan merupakan satu-satunya akses yang cepat untuk mobilisasi yang harus dijaga keamanannya.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan dan stakeholder penerbangan agar bandara terjaga keamanannya," kata Dadun dalam keterangan tertulis, Senin (23/9).

1. Seluruh penerbangan ditunda sementara

Aksi Unjuk Rasa di Wamena, Semua Penerbangan Ditunda Sementara ANTARA/Istimewa

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X, Usman Effendi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) dan stakeholder penerbangan untuk menunda sementara seluruh penerbangan.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk TNI/Polri untuk turut serta mengantisipasi dampak kerusuhan,” jelas Usman.

Baca Juga: Polri: Kerusuhan Wamena Dipicu Akun Media Sosial Penyebar Konten Hoaks

2. Seluruh maskapai diminta memonitor situasi perkembangan di Wamena

Aksi Unjuk Rasa di Wamena, Semua Penerbangan Ditunda Sementara ANTARA FOTO/HO

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Wamena, Joko Harjani melaporkan pagi ini 3 pesawat telah landing dengan aman. Selain itu, 3 pesawat sudah landing dalam status RTB (Return To Base) atau diterbangkan kembali. Sementara terdapat satu pesawat Deraya yang stay di Bandar Udara Wamena karena alasan teknis.

“Operasional pelayanan Bandar Udara Wamena tetap berjalan. Diharapkan kepada seluruh maskapai yang akan terbang ke Wamena untuk memonitor situasi perkembangan di Wamena. Saat ini bandara sudah dijaga oleh TNI/POLRI untuk alasan keselamatan dan keamanan penerbangan,” papar Joko.

Ada beberapa penerbangan reguler siang ini menuju Wamena yaitu Transnusa dan Wings Air rute Sentani-Wamena dan penerbangan kargo Myindo Airlines rute Sentani-Wamena yang ditunda.

3. Kerusuhan Wamena dipicu akun media sosial penyebar konten hoaks

Aksi Unjuk Rasa di Wamena, Semua Penerbangan Ditunda Sementara IDN Times/Axel Jo Harianja

Polisi menyebut aksi demonstrasi berujung kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua terjadi dipicu konten hoaks soal isu rasial di media sosial. Saat ini Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri sedang mendalami akun media sosial penyebar konten hoaks tersebut.

"Yang mereka kembangkan isu yang sensitif di sana tentang rasis. Penyebarnya, akun-akun media sosial yang menyebarkan sedang didalami oleh Ditsiber Bareskrim," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/9).

Dedi mengatakan belum dapat memberikan keterangan secara menyeluruh tentang peristiwa unjuk rasa berujung kerusuhan karena Kapolres Wamena masih melakukan negosiasi dengan massa agar aksi kericuhan tidak meluas.

Saat ini, aparat fokus meredam kejadian setelah sejumlah fasilitas publik, seperti ruko dan kantor pemerintahan dirusak dan dibakar oleh massa.

Baca Juga: Demo Ricuh di Wamena Dipicu Berita Hoaks Terkait Isu Rasial

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya