Comscore Tracker

Dahnil Azhar Diperiksa, Kapolda Metro Jaya Bantah Ada Muatan Politis

Dahnil diperiksa dalam kasus dugaan penyimpangan anggaran

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Idham Aziz membantah tudingan yang menyebut ada muatan politis dalam pemeriksaan terhadap Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahnil Azhar Simanjuntak. 

"Kami sudah ambil keterangan (Dahnil) untuk klarifikasi karena ada laporan dari masyarakat," kata Kapolda Irjan Polisi Idham Aziz seperti dikutip dari Antara, Sabtu (24/11). 

1. Laporan penyimpangan anggaran

Dahnil Azhar Diperiksa, Kapolda Metro Jaya Bantah Ada Muatan Politis(Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Idham mengatakan Dahnil diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan penyimpangan anggaran dalam acara Kemah dan Apel Pemuda Islam yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan melibatkan GP Ansor dan PP Muhammadiyah di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, 16-17 Desember 2017. Dahnil diperiksa di Mapolda Metro Jaya pada Jumat (23/11).

2. Sudah masuk tahap penyidikan

Dahnil Azhar Diperiksa, Kapolda Metro Jaya Bantah Ada Muatan Politis(Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Saat ini kasus dugaan adanya pelanggaran penggunaan anggaran pada acara Kemah dan Apel Pemuda Islam ini telah masuk ke ranah penyidikan. 

Namun Idham mengatakan sampai sejauh ini belum ada yang ditetapkan menjadi tersangka.

3. Polda berkoordinasi dengan Kemenpora mengumpulkan barang bukti

Dahnil Azhar Diperiksa, Kapolda Metro Jaya Bantah Ada Muatan PolitisIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Argo Yuwono, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemenpora untuk mengumpulkan barang bukti, antara lain daftar isian pelaksanaan anggaran serta proposal pengajuan kegiatan kemah dan apel dengan tema "Pemuda Hebat Jaga Bumi". 

"Kami juga telah melakukan klarifikasi kepada beberapa pihak lain, di antaranya Kemenpora," ujar Argo di kantor Polda Metro Jaya pada Kamis kemarin. 

4. Polisi memeriksa saksi lain

Dahnil Azhar Diperiksa, Kapolda Metro Jaya Bantah Ada Muatan PolitisANTARA FOTO/ Dyah Dwi A

Selain Dahnil, penyidik Polda Metro Jaya juga telah memeriksa sejumlah saksi lain, seperti Ketua Pelaksana Ahmad Fanani, penitia dari Kemenpora Abdul Latif, dan panitia dari GP Ansor Safaruddin.

Baca Juga: Polda Metro Jaya: Dahnil Anzar Sudah Kembalikan Dana Kemah Rp2 Miliar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You