Gempa 6 Skala Ritcher Guncang Mentawai, Tak Ada Korban Jiwa

Masyarakat masih memilih tinggal di luar

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6 SR di Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak menimbulkan korban jiwa, baik meninggal maupun luka. Gempa hanya merusak beberapa bangunan.

"Kerusakan fisik meliputi 1 unit puskesmas rusak di Desa Malakopa Kecamatan Pagai Selatan, 1 unit mercusuar yang sudah tidak terpakai roboh, 11 unit rumah rusak ringan, dan 1 unit gereja rusak sedang," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (4/2).

1. Masyarakat memilih tinggal di luar

Gempa 6 Skala Ritcher Guncang Mentawai, Tak Ada Korban JiwaDok.BNPB

Menurut Sutopo, sebagian masyarakat memilih tinggal di luar rumah. Sebab, mereka masih takut ada gempa susulan yang lebih besar.

"Hingga saat ini kondisi masyarakat kondusif dan aman. Masyarakat tetap melakukan aktivitas secara normal," kata Sutopo.

2. Mentawai diguncang gempa 6 SR

Gempa 6 Skala Ritcher Guncang Mentawai, Tak Ada Korban JiwaDok.IDN Times/Istimewa

Gempa bumi berkekuatan 6 SR telah mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Sabtu (2/2) pukul 17.59 WIB. Pusat gempa di laut dengan kedalaman 18 km.

"Kemudian gempa diikuti gempa susulan sebanyak 52 kali," ujarnya.

3. Gempa tidak berpotensi tsunami

Gempa 6 Skala Ritcher Guncang Mentawai, Tak Ada Korban JiwaIDN Times/Sukma Shakti

Gempa terasa kuat sekitar 3-4 detik di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sebagian masyarakat panik. Masyarakat merespons keluar dari rumah dan mencari tempat aman.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Pengamatan TRC BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak ada gelombang pasang atau surut di pantai," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 6,0 SR Goyang Mentawai, Tidak Berpotensi Tsunami

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya