Harga Tiket Pesawat Domestik Akan Turun 30 Persen

Pemesanan tiket pesawat harus dilakukan jauh hari

Jakarta, IDN Times - Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) bersepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat antara 30-60 persen. Keputusan tersebut diambil setelah seluruh direksi maskapai bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Kami turunkan bervariatif, dari 30 sampai 60 persen, tetapi yang pasti di atas 20 persen. Kami kembali ke harga normal sebelum nataru (natal dan tahun baru)," kata Ketua Umum INACA Ari Askhara dalam konferensi pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (13/1).

1. Garuda akan menurunkan harga maksimal 30 persen

Harga Tiket Pesawat Domestik Akan Turun 30 PersenIDN Times/Helmi Shemi

Direktur Niaga Garuda, Fikri Ilham Kurniansyah mengatakan, pihaknya akan menurunkan harga tiket mulai 10-30 persen. Beberapa rute penerbangan yang diturunkan harga tiketnya antara lain Banda Aceh, Jayapura, Pontianak, Ujungpandang, Yogyakarta, Surabaya, dan Padang.

"Kira-kira Garuda buka 10-30 persen untuk subclass yang rendah. Itu kami lakukan karena Garuda berkepentingan mendukung masyarakat dengan ekonomi lemah," kata Fikri.

Baca Juga: 5 Poin Penjelasan Menhub Tentang Naiknya Harga Tiket Pesawat  

2. Pemesanan pesawat harus dilakukan jauh hari

Harga Tiket Pesawat Domestik Akan Turun 30 PersenANTARA FOTO/Wira Suryantala

Direktur Sriwijaya Air, Joseph mengatakan hal yang sama. Pihaknya mendukung keputusan INACA untuk melakukan penyesuaian harga. Kendati demikian, dia menyarankan para calon penumpang untuk memesan tiket jauh-jauh hari.

"Para calon penumpang bisa beli jauh-jauh hari agar mendapatkan harga tiket murah. Jangan komplain kemahalan kalau pesannya di last minute," ujarnya.

3. Citilink telah melakukan penyesuaian harga di beberapa rute

Harga Tiket Pesawat Domestik Akan Turun 30 Persen(Maskapai Citilink) www.instagram.com/@citilink

Dirut Citilink, Juliandra Nurtjahjo menambahkan, Citilink sejak Jumat (11/1) sudah melakukan penyesuaian harga di beberapa rute seperti Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, dan Bandung. Namun, harga turun hanya terjadi di jam-jam tertentu.

"Kami akan tambah rute-rute seperti Jayapura, Makassar, Pontianak, dan Padang akan disesuaikan lagi. Kami alokasikan maksimal 30 persen untuk harga-harga terbawah. Semakin jauh hari pembelian tiket, harga akan makin murah," jelasnya.

Baca Juga: INACA Pastikan Harga Tiket Pesawat Domestik Turun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya