Comscore Tracker

IMS 2020: Presdir Sido Muncul: Saya Gak Baca Neraca Tapi Bisa Kaya

#IMS2020

Jakarta, IDN Times - President Director PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan rahasia sukses membangun Sido Muncul. Irwan bekerja bidang marketing selama 50 tahun, namun tak pernah baca laporan apa pun.

"Saya gak pernah baca laporan apa-apa. Gak ngerti neraca, tapi bisa kaya. Yang penting akhirnya kaya," kelakar Irwan dalam acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Pada 20 tahun pertama membangun Sido Muncul, kata Irwan, ia mengubah strategi. Ia terheran-heran lantaran produknya tak kunjung laku.

"Sebenarnya saya jual produk tiap hari, tapi gak laku. Akhirnya saya sadar, yang harus saya lakukan adalah membangun kepercayaan. Saya terus berusaha buat orang percaya. Logikanya kalau percaya pasti beli produk saya," kata dia.

Menurut Irwan, salah satu cara meraih kepercayaan adalah membangun perusahaan dengan pengalaman. Misalnya, menerapkan scientific base dalam memasarkan produk.

"Orang membeli produk karena pengalaman empiris. Tahun 90-an harus scientific base, produk dan keamanannya seperti apa. Pokoknya apa pun yang bisa membuat orang percaya pada Sido Muncul, saya lakukan," kata dia.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia.

Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/a5PUopi6Jm0

Baca Juga: IMS 2020: Kisah Irwan Hidayat Bangun Sido Muncul karena Tidak Bergelar

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya