Pimpinan MPR Akan Disahkan Hari Ini, Siapa Saja Kandidatnya?

Kira-kira ketua MPR Bamsoet atau Cak Imin ya?

Jakarta, IDN Times - Rapat paripurna pimpinan MPR akan dilaksanakan, hari ini, Rabu (2/10). Hal itu disampaikan Wakil Pimpinan DPR sementara, Hillary Brigitta Lasut.

"Iya, besok jam 10 pagi kalau memang tidak ada kendala yang terlalu force majeur sifatnya, seharusnya tetap besok pagi," kata Hillary usai rapat konsultasi di kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9).

Hillary menjelaskan, agenda hari ini adalah meminta masing-masing perwakilan fraksi untuk menyampaikan nama-nama yang diajukan sebagai pimpinan MPR.

"Walau tadi sempat dibahas juga, tetapi besok akan disahkan, dan kalau misalnya tak ada halangan, seharusnya besok juga DPD bisa memberikan keterangan lengkap mengenai kelompok DPD yang sudah disampaikan," ungkap anggota DPR termuda periode 2019-2024 ini.

Terkait nama-nama yang diajukan sebagai calon pimpinan MPR, Hillary mengatakan, sudah ada nama yang terkumpul. Namun, ia enggan menyebutkan lantaran belum disahkan. Sejauh ini, ada sekitar empat fraksi yang belum mengajukan nama.

"Tidak semua fraksi sih, tadi kebetulan yang menyebutkan nama. Tapi pada dasarnya semua sudah memiliki nama yang akan diajukan. Walaupun ada empat nama calon yang disampaikan, kalau mau keterangan nama-nama calon bisa cek ke Sekretariat DPD," kata politikus Partai Nasdem itu.

Sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) hasil revisi, kursi pimpinan MPR sesuai jumlah fraksi yang duduk di parlemen yakni 10 kursi.

Beberapa nama yang muncul sebagai calon pimpinan MPR antara lain Ahmad Basarah (PDIP), Bambang Soesatyo (Golkar), Ahmad Muzani (Gerindra), Muhaimin Iskandar (PKB), Lestari Moerdijat (Nasdem).

Sementara dari PPP ada tiga nama yang diajukan yakni Arwani Thomafi, Amir Uskara, dan Arsul Sani. PAN juga mengusulkan beberapa nama yakni Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Hanafi Rais.

Sedangkan PKS dan Demokrat masih merahasiakan nama-nama yang akan diajukan, meski pun mereka sudah mengantongi calon-calon yang akan duduk di pimpinan MPR.

Sebanyak 575 anggota DPR RI periode 2019-2024 telah resmi dilantik di Gedung DPR/MPR RI, Selasa (1/10). Salah satu yang menjadi sorotan adalah sosok Hillary Brigitta Lasut. Perempuan yang lahir di Manado, 22 Mei 1996 itu, berhasil menjadi anggota legislatif usai mengumpulkan 70.345 suara pada Pemilu 2019 April lau. Hillary merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Sulawesi Utara.

Baca Juga: Hillary Brigita Lasut, Anggota DPR Termuda di Usia 23 Tahun

Topik:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya