Puncak Arus Mudik 2018 Susah Diprediksi

Sejauh ini terpantau lancar

Jakarta, IDN Times - Mabes Polri belum dapat memperkirakan puncak arus mudik tahun ini. Pasalnya, hingga saat ini arus mudik masih terpantau lancar.

1. 9-10 Juni masih di bawah perkiraan

Puncak Arus Mudik 2018 Susah DiprediksiIDN Times/Indiana Malia

"Kemarin perkiraan (puncak arus mudik) tanggal 9 dan tanggal 10, tetapi rupanya kemarin masih di bawah perkiraan. Jadi masih sangat lancar. Saya dengan Kapolri dan Panglima monitor udara ke arah timur itu sangat lancar," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/6).

Kalaupun ada yang tersendat, imbuhnya, itu terbilang sedikit, semuanya jalan. Menurut dia, tidak ada yang stuck sampai berjam-jam.

"Ini diharapkan dengan libur yang panjang maka bisa masyarakat memilih. Kalau kami pantau, tadi pagi juga cukup padat. Cukup banyak yang mudik, tapi ada temen saya jam 3 berangkat, jam 8 apa setengah 9 tadi sudah sampai Brebes, sampai di rumahnya," imbuh Setyo.

2. Puncak mudik susah diprediksi

Puncak Arus Mudik 2018 Susah DiprediksiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menurut Setyo, puncak arus mudik masih susah diprediksi. Sebab, kendaraan dapat terurai lancar.

"Puncaknya agak susah sekarang ini (diprediksi), karena sudah terurai semua, lancar. Kalau puncaknya itu kan pasti ekstrem, ternyata tidak, ini landai-landai saja, jalan dengan sendirinya," ungkapnya.

3. Akan melihat grafik mudik

Puncak Arus Mudik 2018 Susah DiprediksiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Setyo mengatakan, pihaknya akan segera melihat grafik mudik guna menentukan puncak arus mudik.

"Nanti kami lihat grafiknya, yang paling tinggi mana, itu yang puncak. Selama ini jalan, kami monitor terus, teman-teman juga dapat laporan kan? Sebenarnya kemarin kami prediksinya 9-10 Juni, tapi nyatanya masih di bawah prediksi. (Kalau besok) menurut saya gak sih, sudah banyak yang sampai, saya kira gak (macet) lagi," ujarnya.

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya