Comscore Tracker

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Gagal Jantung Jadi Penyebab Terbanyak

Ada 13 penyakit yang menjadi penyebab kematian petugas KPPS

Jakarta, IDN Times - Tercatat 13 jenis penyakit ditambah kecelakaan menjadi penyebab meninggalnya ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019. Dari 13 penyakit itu, gagal jantung jadi penyebab terbanyak.

“Ada 13 penyakit, yang paling mendominasi jantung, kemudian infarct myocard, koma hepatikum, stroke, dan hipertensi,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (15/5).

Baca Juga: Nasib Komar, Divonis Gagal Ginjal Usai Bertugas jadi KPPS

1. Gagal jantung penyebab terbanyak meninggalnya petugas KPPS

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Gagal Jantung Jadi Penyebab TerbanyakDok. IDN Times

Berdasarkan laporan dinas kesehatan di 24 provinsi, kata Oscar, gagal jantung menjadi penyebab terbanyak meninggalnya petugas Pemilu 2019 dengan jumlah 48 kematian. Diikuti stroke 24 kematian, dan infarct myocard 18 kematian.

Sepuluh penyakit lainnya, yakni koma hepatikum 7 kematian, respiratory failure 9 kematian, hipertensi emergency 3 kematian, meningitis 3 kematian, sepsis 6 kematian, asma 12 kematian, diabetes mellitus 5 kematian, gagal ginjal 8 kematian, TBC 9 kematian, kegagalan multi organ 8 kematian, dan satu lagi disebabkan oleh kecelakaan sebanyak 15 kematian.

"Sisanya sebanyak 323, belum tersedia data yang lengkap," kata Oscar.

2. Mencari penyebab kematian tidak mudah

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Gagal Jantung Jadi Penyebab TerbanyakANTARA FOTO/Bambang Dwi Marwoto

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo menambahkan, untuk mencari penyebab kematian tidak mudah. Sebab, ada beberapa proses yang harus dilakukan.

“Yang dilakukan kalau meninggal di Fasyankes tentu di sana ada catatan medik, itu bisa dilakukan. Sementara yang meninggal di luar Fasyankes, menggunakan autopsi verbal sesuai standar WHO,” ungkapnya.

Bambang juga menyampaikan turut berbela sungkawa atas musibah yang terjadi. “Tentu kita tidak ada yang mengharapkan kejadian ini,” ucapnya.

3. Tidak ada kematian yang tidak wajar

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Gagal Jantung Jadi Penyebab TerbanyakAntara Foto

Menurut Bambang, 498 petugas Pemilu 2019 meninggal dengan wajar. Tidak ada kematian yang tidak wajar.

Bambang mengatakan, masyarakat harus percaya pada dokter atau tenaga kesehatan di lapangan bahwa mereka sudah bekerja dengan sungguh-sungguh memberikan pelayanan saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Hanya tenaga kesehatan yang bisa menentukan apa penyebab kematian tersebut dan kemudian kematian ini wajar atau tidak.

“Selama ini adalah (kematian) dilaporkan wajar. Artinya, semua kematian yang terjadi ada alasan yang jelas, tidak ada kematian yang misterius. Kalau dari sisi medis tidak wajar, petugas kesehatan harus lapor ke kepolisian untuk dilakukan tindak lanjut, artinya selama ini tidak ada yang dilaporkan untuk tindak lanjut,” ungkapnya.

4. Petugas KPPS meninggal dipicu kelelahan

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Gagal Jantung Jadi Penyebab TerbanyakAntara Foto

Bambang melanjutkan, meninggalnya petugas KPPS itu bisa dipicu oleh kelelahan. Artinya, ada stressor yang bisa memperberat kondisi petugas pemilu sehingga meninggal.

Tidak hanya faktor kelelahan, tapi ada faktor psikis yang menjadi pemicu penyakit yang diderita Petugas. Ia juga mengungkapkan, ada juga penyakit penyerta yang mungkin sudah diderita korban, tapi belum diketahui sebelumnya atau yang sudah diketahui sebelumnya.

Baca Juga: Menkes: Autopsi Verbal KPPS Meninggal Libatkan Tim Independen

Topic:

  • Sunariyah

Just For You