Comscore Tracker

TKN: Pernyataan Rudiantara Soal ASN Tak Berkaitan dengan Pilpres 

Rudiantara menegur pegawainya yang pilih capres 02

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- Ma'ruf, Hasto Kristiyanto memastikan pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara tidak berkaitan dengan Pilpres 2019.

"Kalau kita lihat secara menyeluruh, gak ada kaitannya dengan Pilpres. Sejak awal sudah ditegaskan oleh Pak Rudiantara," ujar Hasto saat ditemui di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/2).

1. ASN digaji oleh pemerintah

TKN: Pernyataan Rudiantara Soal ASN Tak Berkaitan dengan Pilpres IDN Times/Humas Bandung

Hasto menambahkan, aparatur sipil negara (ASN) digaji oleh pemerintah. ASN juga berkewajiban untuk melaksanakan segala tugas kenegaraan.

"Itu kan sebuah pertanyaan yang disampaikan kepada seluruh ASN untuk menegaskan bahwa mereka digaji pemerintah untuk melaksanakan tujuan-tujuan bernegara," ujarnya.

2. Rudiantara tegur pegawainya yang pilih 02

TKN: Pernyataan Rudiantara Soal ASN Tak Berkaitan dengan Pilpres Dok.IDN Times

Polemik pernyataan Rudiantara bermula ketika ia menanyakan preferensi ASN-nya tentang desain stiker yang akan digunakan Kominfo untuk sosialisasi Pemilu 2019.

"Preferensi teman-teman memilih nomor satu atau nomor dua?" tanya Rudiantara pada Kamis (31/1) di acara Kominfo Next di Hall Basket Senayan, Jakarta. 

Lantaran berdasarkan hasil teriakan yang paling kencang terdengar adalah desain nomor 02, maka pria yang akrab disapa Chief itu memanggil perwakilan pegawai. 

"Coba, ibu tadi yang nyoblos nomor dua ke sini," kata dia. 

Baca Juga: Polemik Pernyataan Rudiantara, TKN: Itu Hanya Alarm

3. Desain stiker nomor 02 dipilih dan dikaitkan dengan Pilpres 2019

TKN: Pernyataan Rudiantara Soal ASN Tak Berkaitan dengan Pilpres 

Seorang pegawai perempuan kemudian naik ke atas panggung dan memberikan penjelasannya. Saat ditanya Rudiantara mengapa memilih desain nomor 02, pegawai tersebut malah merujuk jawabannya terkait pilpres 2019. 

"Bismillahirrahmanirrahim, mungkin terkait keyakinan saja, Pak. Keyakinan atas visi-misi yang disampaikan nomor dua, yakin saja," kata pegawai perempuan itu. 

4. Rudiantara bertanya siapa yang menggaji ASN

TKN: Pernyataan Rudiantara Soal ASN Tak Berkaitan dengan Pilpres kominfo.go.id

Ketika pegawai tersebut akan berjalan kembali ke tempat duduknya, Rudiantara sempat memanggil ia lagi. Bahkan, ia melontarkan pertanyaan siapa yang selama ini telah menggajinya. 

"Bu! Bu! Yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Hah?" tanya dia. 

Pernyataan Rudiantara ini kemudian menjadi polemik dan dianggap telah mengarahkan dukungan ASN kepada paslon nomor urut 01.

Baca Juga: Kemkominfo Klarifikasi Pernyataan Rudiantara "Yang Gaji Kamu Siapa"

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You