4 Parpol Berkoalisi Usung Pengusaha dan Artis di Pilkada Karawang

Yesi Karya-Adly Fairuz berpeluang besar untuk menang

Jakarta, IDN Times - 4 partai politik (parpol) berkoalisi di Pilkada Karawang mengusung pasangan Yesi Karya-Adly Fairuz. PDI Perjuangan, PPP, PKB, dan PAN telah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Yesi-Adly.

"Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Yesi Karya-Adly Fairuz, ini sudah pasti. Surat rekomendasinya juga sudah turun," kata Sekretaris DPC PDIP Karawang Natala Sumedha dikutip ANTARA, Senin (24/08/2020).

1. DPP PDIP akan mengumumkan secara resmi pasangan di Pilkada Karawang

4 Parpol Berkoalisi Usung Pengusaha dan Artis di Pilkada KarawangSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto membuka sekolah partai secara virtual, Jumat (21/08/2020) (Dok. PDIP)

Rencananya pada 28 Agustus 2020 mendatang, rekomendasi kepada pasangan Yesi-Adly Fairuz untuk Pilkada Karawang akan diumumkan secara langsung oleh DPP PDIP.

“Jadi koalisi ini sudah sepakat untuk mengusung pasangan Yesi-Adly Fairuz. Tinggal nanti akan diumumkan oleh DPP PDIP," kata Natala.

Baca Juga: Umumkan Paslon Pilkada 2020, PDIP Dianggap Partai Paling Terbuka

2. Ada kemungkinan koalisi bertambah

4 Parpol Berkoalisi Usung Pengusaha dan Artis di Pilkada KarawangPekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ia menjelaskan, koalisi PDIP, PPP, PAN dan PBB hingga kini masih menunggu partai politik lain yang kemungkinan akan berkoalisi. Sebab, ada Partai Hanura yang dikabarkan akan ikut bergabung mengusung pasangan Yesi-Adly Fairuz.

Artis Adly Fairuz dipastikan akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang, sebagai bakal calon Wakil Bupati, mendampingi seorang pengusaha asal Karawang, Yesi Karya Lianti.

3. PDIP terus melakukan konsolidasi

4 Parpol Berkoalisi Usung Pengusaha dan Artis di Pilkada KarawangSeorang pekerja tengah merampungkan pengerjaan kotak suara Pemilu 2019 di Gudang eks Bandara Polonia, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Natala mengakui saat ini tengah melakukan konsolidasi ke sejumlah kader partai dan sayap partai dalam menyambut Pilkada Karawang.

"Persiapan terus kami lakukan. Mesin partai sudah mulai dipanaskan untuk menyambut pesta demokrasi di Karawang," kata Natala.

Baca Juga: 5 Catatan Bawaslu Jelang Pilkada 2020, Apa Aja Nih?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya