Umumkan Paslon Pilkada 2020, PDIP Dianggap Partai Paling Terbuka

Manajemen PDIP juga dianggap lebih unggul

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai PDI Perjuangan merupakan partai politik yang paling terbuka menghadapi Pilkada Serentak 2020. Hal tersebut dinilai sejak PDIP mengumumkan 129 calon kepala daerah atau cakada, yang siap maju pada kontestasi politik pada 9 Desember 2020.

"Yang tadinya dianggap eksklusif menjadi terbuka. Sehingga rakyat bisa menilai secara utuh bahwa memang calon-calon kepala daerah yang diusung dalam Pilkada itu memang layak," kata Ujang saat dihubungi IDN Times, Minggu (23/08/2020).

1. PDIP melakukan komunikasi politik yang baik kepada masyarakat

Umumkan Paslon Pilkada 2020, PDIP Dianggap Partai Paling Terbuka(Dok. IDN Times)

Setelah mengumumkan calon kepala daerah, PDIP langsung menggembleng mereka melalui sekolah partai angkatan pertama. Ujang berpendapat, apa yang dilakukan partai berlambang kepala banteng moncong putih itu merupakan komunikasi politik yang baik untuk masyarakat.

"Memang sekolah calon kepala daerah PDIP tidak lagi menjadi eksklusif, tetapi menjadi terbuka dan menjadi milik rakyat, dan publik juga berhak tahu. Dalam konteks orang-orangnya maupun dalam konteks muatan isi yang disampaikan dalam sekolah tersebut," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu.

Baca Juga: Gak Disiplin Sekolah Partai, PDIP akan Cabut Rekomendasi Pilkada!

2. PDIP memiliki manajemen yang lebih unggul dari partai lain

Umumkan Paslon Pilkada 2020, PDIP Dianggap Partai Paling TerbukaPDI Perjuangan menggelar upacara detik-detik proklamasi di Lapangan Banteng, Jakarta (Dok. PDI Perjuangan)

Lebih lanjut, Ujang mengklaim selalu objektif dalam menilai manajemen partai politik. PDIP, menurut dia, jauh berada di depan dari segi kemajuan manajerial partai.

"(PDIP) leading. Saya lihat manajemen PDIP itu bagus, sekarang manajemennya sangat bagus. Secara manajemen mereka sudah lebih unggul dari partai lain," kata dia.

3. PDIP paling siap menghadapi Pilkada Serentak 2020

Umumkan Paslon Pilkada 2020, PDIP Dianggap Partai Paling TerbukaPekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dari segi kesiapan menghadapi Pilkada Serentak 2020 sejauh ini, Ujang juga menilai, PDIP masih yang paling siap tempur ketimbang partai politik lain.

"Mereka (PDIP) lebih siap kelihatannya dibandingkan partai partai lain yang memang dalam konteks konsolidasi dan lain-lain masih belum muncul, masih belum kelihatan," ujar dia.

Baca Juga: PDIP Beri Bocoran Jurus Menangkan Pilkada pada Paslon Jagoannya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya