Comscore Tracker

5 Fakta Acara Relawan Jokowi di GBK, Digagas Staf Milenial-Ketua KADIN

Gerakan Nusantara Bersatu diklaim hadirkan 150 ribu relawan

Jakarta, IDN Times - Acara relawan Joko “Jokowi” Widodo yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11/2022) selesai terlaksana.

Acara tersebut berlangsung selama lima jam, dimulai pukul 6.00 WIB hingga pukul 11.00. Sebanyak 150 ribu relawan Jokowi yang diklaim panitia, hadir tumpah memenuhi GBK.

“Pagi hari ini saya sangat senang sebagai keluarga besar relawan pagi hari ini kita bisa bertemu, bisa silaturahmi dalam rangka konsolidasi. Saya sangat menghargai kehadiran bapak ibu semua dan juga terima kasih kepada para ketua yang telah undang saya untuk hadir pada pagi hari ini,” ujar Jokowi di atas panggung.

Berikut lima fakta kemeriahan Gerakan Nusantara Bersatu di GBK.

Baca Juga: Jokowi: Pemimpin yang Mikirin Rakyat Rambutnya Putih Semua

1. Acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK digarap Ketua KADIN hingga Stafsus Jokowi

5 Fakta Acara Relawan Jokowi di GBK, Digagas Staf Milenial-Ketua KADINRibuan relawan Nusantara Bersatu berkumpul di GBK untuk memdengarkan arahan Jokowi (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Acara tersebut digagas oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid sekaligus Steering Commite Nusantara Bersatu dan Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi yang juga Ketua Pelaksana Nusantara Bersatu, Aminnuddin Maruf.

Sebelum gelaran acara tersebut, keduanya sempat melakukan jumpa pers di GBK tentang persiapan acara tersebut.

"Nusantara Bersatu adalah langkah kita bersama, meraih mimpi bangsa menyambut Indonesia emas 2045. Di bawah arahan Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia ini di sini kita sudah memiliki arah yang jelas, kita ingin mencapai Indonesia emas tahun 2045 bertepatan pada 100 tahun Indonesia merdeka," kata Arsjad, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Profil Aminuddin Ma'ruf Ketua Pelaksana Gerakan Nusantara Bersatu

2. Gerakan Nusantara Bersatu gandeng RANS Entertainment

5 Fakta Acara Relawan Jokowi di GBK, Digagas Staf Milenial-Ketua KADINRaffi Ahmad hadir di acara relawan Jokowi di GBK (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Artis Raffi Ahmad mengaku jika acara tersebut merupakan hasil rancangan tim event organizer (EO) RANS Entertainment. Lewat akun intagram pribadinya @raffinagita1717, Raffi unggah video dirinya berada di tengah-tengah keseruan acara.

“Nusantara Bersatu, alhamdulillah 150-200 ribu yang hadir untuk Presiden Jokowi. Keren dan bangga RANS menjadi bagian untuk kesuksesan acara ini. E.O RANS Entertainment,” tulis Raffi Ahmad.

Baca Juga: Saat Jokowi Sebut Pemimpin Mikirin Rakyat dengan Ciri-Ciri Ini!

3. Inul Daratista hingga Farel Prayoga hibur relawan dari panggung Jokowi

5 Fakta Acara Relawan Jokowi di GBK, Digagas Staf Milenial-Ketua KADINPresiden Jokowi di acara relawan Nusantara Bersatu di GBK. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Pengisi acara di panggung itu pun gak main-main. RANS Entertainment hadirkan penyanyi solo hingga band terkemuka dan sedang trending di panggung Jokowi. Mereka adalah Inul Daratista, Tipe-X, Farel Prayoga, Ndarboy Genk hingga Godbless.

“Ini lebih dari Piala Dunia gaes, Pak Jokowi,” kata Raffi sambil acungkan jempol.

4. Bus relawan Jokowi mengular dari Tugu Pancoran hingga GBK

5 Fakta Acara Relawan Jokowi di GBK, Digagas Staf Milenial-Ketua KADINRatusan bus relawan Joko “Jokowi” Widodo yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu parkir mengular dari Tugu Pancoran hingga Gelora Bung Karno (GBK) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, di luar Senayan ratusan bus relawan Jokowi parkir mengular dari Tugu Pancoran hingga GBK. Berdasarkan pantauan IDN Times, bus yang terdiri dari bus parawisata dan antarkota terparkir memakan dua ruas badan jalan sejak pagi hari hingga pukul 11.00 WIB.

Bahkan bus-bus tersebut juga terparkir di jalur TransJakarta, tepatnya di depan Gedung Kementerian Investasi dan BKPM hingga Plaza Mandiri, Gatot Subroto. Akibatnya, kemacetan pun tak terhindari. Arus lalu lintas arah Slipi terpantau padat merayap.

5. Jokowi beri kriteria Presiden 2024: Rambut putih, wajah berkerut mikirin rakyat

5 Fakta Acara Relawan Jokowi di GBK, Digagas Staf Milenial-Ketua KADINPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu juga memberikan arahan ke relawan Gerakan Nusantara Bersatu agar memilih presiden di 2024 yang mengerti rakyat. Pemimpin yang ngerti rakyat kata Jokowi, terlihat dari penampilan hingga kerutan wajah.

“Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya kelihatan. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua,” kata Jokowi.

Jokowi mengimbau rewalan, jangan hanya kerena kepentingan sesaat atau jangka pendek kemudian lupa menjaga keberlanjutan keberhasilan pembangunan yang telah ia buat. Pembangunan infrastruktur kata Jokowi, harus dilanjutkan presiden selanjutnya untuk kepentingan rakyat.

“Hati-hati memilih pemimpin hati-hati. Pilih pemimpin yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat. Pilih nanti di 2024 pilih pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan rakyat,” ujar dia.

Presiden pun memberikan kisi-kisi untuk relawan memilih presiden setelahnya yang tahu keinginan dan kebutuhan rakyat. Sosok presiden yang baik menurutnya adalah mereka yang rajin turun ke masyarakat.

“Jangan sampai kita memilih pemimpi yang senang duduk di Istana yang acnya sangat dingin. Ini negara besar Jangan hanya duduk manis di Istana Presiden. Saya jngatkan, carilah pemimpin yg seneng dan mau turun ke bawah. Yang mau merasakan keringatnya rakyat,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Indonesia adalah negara besar dengan potensi sumber daya alam berlimpah. Indonesia juga memiliki keberagaman. Oleh karena itu, menurut Jokowi perlu pemimpin dengan prinsip kepentingan rakyat yang besar. Serta bisa menyatukan keberagaman Indonesia.

“Pemimpinnya spt apa? Mempimpin Indonesia harus menyadari mengenai keberagaman Indoensia,” kata Jokowi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya