Comscore Tracker

Jokowi: Pemimpin yang Mikirin Rakyat Rambutnya Putih Semua

Disampaikan Jokowi di hadapan para relawan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo memberikan arahan kepada relawan Gerakan Nusantara Bersatu agar memilih Presiden yang mengerti rakyat pada 2024 nanti. Hal itu ia sampaikan di depan 150 ribu relawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (26/11/2022).

Pemimpin yang mengerti rakyat, kata Jokowi, terlihat dari penampilan hingga kerutan wajah.

“Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi ke Relawan: Pilih Presiden yang Ngerti Rakyat

1. Jokowi imbau relawan hati-hati pilih Presiden 2024

Jokowi: Pemimpin yang Mikirin Rakyat Rambutnya Putih SemuaPresiden Jokowi mengunjungi Cianjur pasca gempa pada Selasa (22/11/2022). (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengimbau para relawan agar jangan hanya karena kepentingan sesaat atau jangka pendek malah lupa menjaga keberlanjutan dan keberhasilan pembangunan yang telah ia buat.

Pembangunan infrastruktur, kata Jokowi, harus dilanjutkan Presiden selanjutnya untuk kepentingan rakyat.

“Hati-hati memilih pemimpin hati-hati. Pilih pemimpin yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat. Pilih nanti pada 2024 pilih pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan rakyat,” ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Disuntik Indovac, Erick Ingatkan Masyarakat Pentingnya Booster

2. Jokowi sebut Presiden selanjutnya jangan senang duduk di Istana

Jokowi: Pemimpin yang Mikirin Rakyat Rambutnya Putih SemuaPresiden Joko "Jokowi" Widodo mengunjungi langsung tenda pengungsian warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi pun memberikan kisi-kisi untuk relawan agar memilih Presiden setelahnya yang tahu keinginan dan kebutuhan rakyat. Sosok Presiden yang baik menurutnya adalah mereka yang rajin turun ke masyarakat.

“Jangan sampai kita memilih pemimpin yang senang duduk di Istana yang AC-nya sangat dingin. Ini negara besar, jangan hanya duduk manis di Istana Presiden. Saya ingatkan, carilah pemimpin yang seneng dan mau turun ke bawah, yang mau merasakan keringatnya rakyat,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Kembali Bicara Reshuffle Kabinet: Bisa Tahun Ini

3. Presiden selanjutnya harus menyadari keberagaman Indonesia

Jokowi: Pemimpin yang Mikirin Rakyat Rambutnya Putih SemuaPemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis menyerahkan buku 1000 Aspirasi Anak Muda ke Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan, Indonesia adalah negara besar dengan potensi sumber daya alam berlimpah. Indonesia juga memiliki keberagaman.

Oleh karena itu, menurut Jokowi perlu pemimpin dengan prinsip kepentingan rakyat yang besar serta bisa menyatukan keberagaman Indonesia.

“Pemimpinnya seperti apa? Memimpin Indonesia harus menyadari mengenai keberagaman Indonesia,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Rahasia Kesuksesan G20 Bali hingga Hasilkan Deklarasi

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya