Comscore Tracker

Bamsoet Tegaskan Hubungannya dengan Airlangga Hartarto Baik-Baik Saja

"Kemarin, kami sarapan bareng kok."

Jakarta, IDN Times - Politikus Golkar Bambang "Bamsoet" Soesatyo membantah hubungannya jadi renggang dengan ketum parpol tempat ia bernaung kini, Airlangga Hartarto. Ia mengaku masih tetap berkomunikasi dengan Airlangga. Keduanya, belum lama ini bahkan bertemu untuk membahas arah partai berlambang pohon beringin itu. 

“Kemarin kami sarapan bareng, kami bicara dari hati ke hati bagaimana Partai Golkar ya. Kami sepakat untuk sepakat (Munas Golkar),” kata pria yang kini jadi Ketua DPR itu di Kompleks Parlemen DPR RI, Jakarta, pada Kamis (12/9).

Hubungan keduanya sempat dikabarkan renggang jelang Munas yang akan digelar pada Desember mendatang. Bahkan, hal itu sudah berimbas sampai ada Ketua DPD Cirebon, Toto Sunarto yang dipecat dari Golkar karena mendukung Bamsoet jadi pimpinan parpol tersebut. Tapi, benarkah sudah tidak ada masalah di antara keduanya? 

1. Airlangga dan Bamsoet berdiskusi mengenai waktu penyelenggaraan munas tahun 2019

Bamsoet Tegaskan Hubungannya dengan Airlangga Hartarto Baik-Baik SajaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Dalam percakapannya, baik Airlangga dan Bamsoet berusaha menyamakan pandangan terkait gelaran Munas Golkar. Bamsoet mengatakan jika Airlangga ingin munas digelar  pada bulan Desember. 

“Sementara saya bilang ‘Tum, ini berdasarkan keinginan di bawah kemudian juga stories ke belakang Munas itu Oktober. Oktober itulah sekaligus pelantikan sekaligus perayaan ketua umum baru karena ulang tahun kita kan 20 Oktober jadi bukan setelahnya,” tutur Bamsoet mengutarakan pandangannya ke Airlangga ketika sarapan. 

Baca Juga: Ketum Golkar: Habibie Panutan yang Kuasai Teknologi Sekaligus Politik

2. Bamsoet sebut persoalan Golkar mudah untuk diselesaikan

Bamsoet Tegaskan Hubungannya dengan Airlangga Hartarto Baik-Baik SajaANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan persoalan Golkar selama ini mudah untuk diselesaikan. Caranya, tinggal mengikuti aturan AD/ART yang sudah ada di dalam pedoman organisasi. 

“Aturannya rapat ya rapat, pleno ya pleno, rapat harian ya rapat harian, gitu aja,” kata Bamsoet. 

3. Kegaduhan di Golkar karena ada ketakutan

Bamsoet Tegaskan Hubungannya dengan Airlangga Hartarto Baik-Baik SajaIDN Times/Abdurrahman

Menurut Bamsoet, kegaduhan di Golkar timbul karena adanya ‘ketakutan’ di dalam rapat untuk mendesak diselenggarakannya munas. 

“Kegaduhan itu kan timbul karena ketakutan kalau rapat akan mendesak (diselenggarakan) Munas. Kan (padahal) gak bisa. Munas kan ada mekanismenya kalau dukungan dalam hal pengambilan keputusan di rapat itu yang didukung setengah lebih suara kan gak bisa juga. Jadi jalani aja itu, kenapa harus rapat kecil-kecil bidang? Itu gak ada di partai, itu rapat pleno dulu untuk evaluasi,” tutur Bamsoet. 

4. Bamsoet siap dimediasi dengan Airlangga melalui Ormas Trikarya Golkar

Bamsoet Tegaskan Hubungannya dengan Airlangga Hartarto Baik-Baik SajaIDN Times/Marisa Safitri

Sebelumnya eksponen Ormas Trikarya Golkar siap jadi penengah dalam kompetisi internal jelang Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember mendatang. Eksponen ini merupakan tokoh senior Partai Golongan Karya.

Zainal Bintang salah satu anggota eksponen Ormas Trikarya Golkar, menyebut, pertarungan internal tanpa ada penengah rawan terhadap adanya pihak ketiga yang ingin memecah Golkar.

Menanggapi itu, Bamsoet mengaku terbuka untuk melakukan pertemuan kembali bersama Airlangga.

“Saya terbuka (bertemu Airlingga) di mana saja, kapan saja,” kata dia lagi. 

Baca Juga: Menteri Airlangga Klarifikasi Tudingan Esemka Mobil China

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You