Bantah Hasril Chaniago, Arteria: Tidak Benar Saya Cucu Seorang PKI!

Arteria keturunan keluarga Masyumi

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan, kembali menjadi buah bibir di media sosial setelah Tokoh Pers Sumatera Barat Hasril Chaniago menyebut kakek Arteria, Bachtiaruddin pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) Sumbar.

Menanggapi hal tersebut anggota Komisi III DPR RI ini menegaskan bahwa dirinya bukanlah anak keturunan PKI. Ia menjelaskan, kakek-nenek termasuk ayah-ibunya berasal dari Maninjau, Kabupaten Agam, Sumbar.

“Tidak benar saya cucu seorang tokoh PKI. Kakek saya dari pihak ibu: H. Wahab Syarif, seorang pedagang tekstil di Tanah abang, masuk Jakarta tahun 1950,” kata Arteria saat dihubungi IDN Times, Rabu (9/9/2020).

1. Arteria keturunan keluarga Masyumi

Bantah Hasril Chaniago, Arteria: Tidak Benar Saya Cucu Seorang PKI!IDN Times/Azzis Zulkhairil

Neneknya bernama Hj. Lamsiar, bekerja sebagai ibu rumah tangga biasa, yang melahirkan tujuh anak, enam jadi pedagang di Tanah Abang dan satu berprofesi guru.

“Hj. Wasniar, guru SD Perguruan Cikini, lalu menjadi guru tata boga di SMKN 30 Pakubuwono Jaksel, yaitu Ibunda saya,” ujarnya.

Sedangkan, kakek Arteria Dahlan dari pihak ayahnya bernama H. Dahlan bin Ali, pedagang di Sumbar. Neneknya bernama Hj. Dahniar Yahya atau biasa disebut Ibu Nian, tokoh Masyumi, satu-satunya guru mengaji di Kukuban Maninjau lebih dari 50 tahun lamanya sampai 1983.

“Seluruh orang Maninjau di Kukuban pernah mengaji ke Bu Nian. Ibu Nian juga pernah ditahan pemerintahan Sukarno karena diduga terlibat PRRI saat itu,” kata Arteria.

Baca Juga: Hasril Chaniago ke PDIP: Mohonlah Bujuk Mbak Puan untuk Minta Maaf

2. Sang ayah gagal Akpol karena terindikasi Masyumi dan PRRI

Bantah Hasril Chaniago, Arteria: Tidak Benar Saya Cucu Seorang PKI!Ilustrasi Jam Gadang, Kota Padang, Sumatra Barat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ayah Arteria, H. Zaini Dahlan merupakan guru di beberapa SMA dan Ketua salah satu yayasan pendidikan swasta. Pernah mendaftar Akpol, itu pun pada tes terakhir ditolak karena terindikasi Masyumi dan PRRI.

“Ayah saya lama di Jogja karena sempat kuliah di Farmasi UGM, sempat pula mengajar di SMA Muhammadiyah Yogyakarta, jujur ayah korban politik orde lama,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sejak awal masuk PDIP dia agak keberatan, tapi setelah beberapa lama, justru dia yang ikut aktif kampanye PDIP di Sumbar pada 2009.

“Sayang, ayah tidak melihat saya seperti sekarang ini karena sudah almarhum,” ujarnya.

3. Hasril sebut kakek Arteria pendiri PKI Sumbar

Bantah Hasril Chaniago, Arteria: Tidak Benar Saya Cucu Seorang PKI!Tangkap Layar - Hasril Chaniago, Tokoh Pers Sumatra Barat (Youtube.com/Indonesia Lawyers Club)

Sebelumnya, Hasril menyentil politikus PDIP Arteria Dahlan yang juga turut hadir dalam acara ILC TvOne. Hasril mengungkit soal latar belakang keluarga Arteria Dahlan.

“Arteria Dahlan itu mamaknya itu Bachtaruddin, nama kakeknya itu. Bachtaruddin itu pendiri PKI Sumatera Barat dan anggota konstituante setelah Pemilu 1955," katanya, Selasa (8/9/2020).

Baca Juga: Hasril Chaniago Jelaskan soal Kakek Arteria Dahlan Pendiri PKI Sumbar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya