Comscore Tracker

Bantah Lahan Ibu Kota Baru Milik Prabowo, Dahnil: Itu Milik Hashim

Edhy sebut Prabowo dan Hashim memiliki lahan di Kaltim

Jakarta, IDN Times - Dahnil Anzar Simanjuntak angkat bicara soal ibu kota baru yang berdiri di atas lahan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Menurut juru bicara Prabowo ini, hal itu keliru, karena lahan yang di Penajam Paser Utara adalah milik PT Aspari Grup yang merupakan milik adik Prabowo, Hashim Djodjohadikusumo.

“Pak Prabowo tidak punya tanah di situ. Baca catatan Pak @prabowo terkait pemindahan ibu kota,” kata Dahnil di akun Twitternya, Selasa (27/8).

“Yang di Penajam Paser Utara, PT ARSARI GRUP, itu milik Pak Hashim,” kata Dahnil saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Tak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Pindahkan Ibu Kotanya ke Lokasi Baru

1. Dahlan sebut lahan ibu kota baru milik Prabowo

Bantah Lahan Ibu Kota Baru Milik Prabowo, Dahnil: Itu Milik HashimIDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, lewat laman pribadinya di disway.id mengatakan, lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur berdiri di atas lahan milik Prabowo Subianto.

“Pemilik perusahaan itu sudah bukan orang Amerika lagi (International Timber Corporation Indonesia). Sudah berganti orang Indonesia. Namanya Prabowo Subianto,” kata Dahlan dikutip IDN Times, Selasa (27/8).

2. Edhy akui Prabowo punya lahan di Kalimantan Timur

Bantah Lahan Ibu Kota Baru Milik Prabowo, Dahnil: Itu Milik HashimIDN Times/Irfan fathurohman

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo mengatakan, Prabowo sudah memiliki lahan di Kaltim sebelum ada rencana pemindahan ibu kota.

"Memang kita punya lahan (di lokasi ibu kota baru). Apa gara-gara ada lahan itu jadi salah? Kan nggak juga. Nanti kalau bangun di tempat lain ada tanah kita lagi kan biasa saja. Saya pikir kita tidak akan pernah menanggapi itu, karena lahan itu sudah ada sebelum ada rencana pemindahan ibu kota," kata Edhy di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8).

3. Hashim juga punya lahan di lokasi ibu kota baru

Bantah Lahan Ibu Kota Baru Milik Prabowo, Dahnil: Itu Milik HashimIDN Times/Irfan fathurohman

Edhy menyebut, adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo juga memiliki tanah di lokasi ibu kota baru. Tanah Hashim berada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Ada sebagian (tanah Hashim), kita tidak tahu detailnya di mana-mana, peta lokasinya belum tahu. Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, memang ada lahan kita di Penajam Paser Utara, tapi tidak tahu eksplisit spesifiknya di mana," kata dia.

4. Gerindra bantah pemindahan ibu kota hasil ‘deal’ politik Prabowo

Bantah Lahan Ibu Kota Baru Milik Prabowo, Dahnil: Itu Milik HashimANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Namun begitu, Edhy Prabowo mengatakan, wacana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur bukan hasil 'deal' politik antara Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Prabowo Subianto sebagai pemilik lahan.

“Saya pikir tidak, Pak Presiden punya pemikiran lebih besar dari itu. Tidak hanya itu dan sekalipun tidak ada apa-apanya bagi kami demi kebaikan bangsa dan negara kami akan lakukan itu, bahkan kalau diminta lahan kami pun, saya yakin Pak Prabowo akan kasih,” kata Edhy.

5. Prabowo akui penguasaan lahan seluas 220.000 hektare di Kaltim

Bantah Lahan Ibu Kota Baru Milik Prabowo, Dahnil: Itu Milik HashimIDN Times/Irfan Fathurohman

Seperti diketahui, Prabowo Subianto pernah mengakui penguasaan lahan seluas ratusan ribu hektare, masing-masing 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare di Aceh Tengah.

Hal itu ia sampaikan di debat capres-cawapres kedua yang berlangsung di Hotel Sultan, 17 Februari lalu. Namun, Prabowo menegaskan, status lahan tersebut merupakan hak guna usaha (HGU).

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim Disebut Anggota Komisi ll DPR Ilegal 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You