Bersiap Kawal Jalannya KTT ASEAN ke-43, Kabaharkam Polri Gelar Apel

Pamwal Rolakir KTT ASEAN ke-43 melibatkan 1.679 personel

Jakarta, IDN Times - Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran memimpin apel kesiapan Pengamanan Pengawalan Pengaturan Rute, Lalu Lintas, dan Parkir Kendaraan (Pamwal Rolakir) Asean Summit ke-43 di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023).

Fadil mengatakan, sebagai wujud kesiapan awal pengamanan ASEAN Summit atau KTT ASEAN ke-43 yang akan berlangsung di Jakarta, salah satu tugas yang diberikan kepada Polri adalah tugas Pamwal Rolakir yang berada di bawah satgas operasi di Tri Brata Jaya.

"Sebagai kasatgas hari ini kami ingin memastikan bahwa persiapan personel, kesiapan perlengkapan siap untuk mengawal jalannya ASEAN Summit ke-43", kata Fadil dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Kominfo Siapkan Media Center Berkapasitas Besar di KTT ASEAN

1. Pamwal Rolakir ASEAN Summit ke-43 melibatkan 1.679 personel

Bersiap Kawal Jalannya KTT ASEAN ke-43, Kabaharkam Polri Gelar ApelKabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran pimpin apel Kesiapan Pamwal Rolakir Asean Summit ke 43 di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/08/23). (dok. Humas Polri)

Fadil menjelaskan, Pamwal Rolakir ini bakal melibatkan 1.679 personel dari Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya, Ditlantas Polda Banten dan Ditlantas Polda Jawa Barat.

“Sedangkan untuk kendaraan yang dilibatkan, yang pertama BKO ke Paspampres ada 60 roda empat listrik kemudian 66 roda dua listrik, yang kedua untuk delegasi ada 35 roda empat fosil dan 25 roda dua fosil,” ujarnya.

2. Sebanyak 176 personel akan melekat untuk pengawalan VVIP

Bersiap Kawal Jalannya KTT ASEAN ke-43, Kabaharkam Polri Gelar ApelKabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran pimpin apel Kesiapan Pamwal Rolakir Asean Summit ke 43 di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/08/23). (dok. Humas Polri)

Selain itu, Baharkam Polri juga memberikan bantuan personel yang akan melakukan pengawalan VVIP atau ketua delegasi pimpinan negara. Adapun personel yang akan berkoordinasi dan melekat dengan Paspampres sebanyak 176 anggota lalu lintas.

“Plus kendaraannya akan melekat dengan Paspampres di bawah kendali Paspampres, untuk melakukan pengawalan terhadap VVIP,” ujarnya.

3. Kabaharkam berharap rangkaian kegiatan ASEAN Summit berjalan baik

Bersiap Kawal Jalannya KTT ASEAN ke-43, Kabaharkam Polri Gelar ApelKabaharkam Polri Komjen Fadil Imran saat memimpin Apel Peluncuran Presisi Perintis Dit Samapta Polda Seluruh Indonesia di Polda Metro Jaya. (Dok. Humas Mabes Polri)

Fadil berharap, apel kesiapan ini menjadi awal agar semua rangkaian kegiatan ASEAN Summit yang akan berlangsung mulai dari 5 sampai 7 September, bisa berjalan dengan baik.

“Walaupun operasi pengamanan akan kita mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 8 September 2023,” kata dia.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya