Ini Jadwal Lengkap KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Rangkaian pertemuan sudah dimulai

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi memaparkan serangkaian jadwal gelaran KTT ASEAN ke-43 yang akan digelar pada 5-7 September 2023 mendatang di JCC Senayan, Jakarta. 

Adapun rangkaian acara yang diawali dengan beberapa pertemuan menteri sudah dimulai Selasa (29/8/2023).

“Pertemuan ASEAN Socio Cultural Community (ASCC), digelar 29 Agustus 2023. Ini adalah pilar sosial budaya ASEAN. Lalu dilanjutkan pada 3 September 2023, pertemuan ASEAN Economic Community (AEC),” kata Retno dalam paparannya kepada para pemimpin redaksi media di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Kemudian, pada 4 September 2023 akan digelar ASEAN Ministerial Meeting atau pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM), ASEAN Political and Security Community (APSC) pada 4 September 2023, acara ini adalah penanggungjawab di pilar politik dan keamanan yang akan diwakili oleh Menko Polhukam dan Retno sendiri.

“Lalu ASEAN Coordinating Council, 4 September 2023, ini adalah pertemuan para Menteri Luar Negeri,” ucap Retno.

Baca Juga: Ini Target Kemlu RI di Forum ASEAN-Indo Pacific Perdana

1. Jokowi akan melakukan serangkaian pertemuan bilateral

Ini Jadwal Lengkap KTT ASEAN ke-43 di JakartaPresiden RI Joko Widodo mengajak para pemimpin ASEAN melihat sunset Labuan Bajo. (dok. Agus Suparto/Istana Presiden)

Sementara itu, pada 4 September 2023, Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo disebut akan mengadakan serangkaian pertemuan bilateral dengan para pemimpin negara yang sudah tiba.

“Mengenai slot bilateral dan lain sebagainya, kita sedang terus adjust. Karena sekali lagi, untuk meng-adjust sebuah pertemuan bilateral itu harus mencocokkan waktu tuan rumah dan juga jadwal tamunya,” ujar Retno.

“Sekali lagi, di saat saya melakukan pertemuan ini, para diplomat kita sekarang sedang melakukan negosiasi untuk merampungkan dokumen-dokumen yang akan menjadi hasil KTT ke-43 nantinya,” tuturnya.

Baca Juga: Menlu Retno: Kita Upayakan ASEAN Tetap Matters

2. KTT ASEAN dimulai 5 September 2023

Ini Jadwal Lengkap KTT ASEAN ke-43 di JakartaIlustrasi ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Adapun KTT sendiri akan dimulai pada 5 September 2023. Retno mengatakan, Jokowi akan memimpin 12 pertemuan.

“5 September itu ada ASEAN Summit Plenary dan ASEAN Summit Retreat. Pada hari yang sama, Bapak Presiden juga melakukan pertemuan bilateral,” kata Retno.

Lalu, pada 6 September 2023 akan ada enam pertemuan. Adapun pertemuan tersebut adalah KTT ASEAN-China Summit, KTT ASEAN-Korea Selatan, KTT ASEAN-Jepang, KTT ASEAN-AS, KTT ASEAN-Kanada, ASEAN Plus Three (dengan Jepang, Korsel dan China).

Baca Juga: Indonesia Bawa Nama ASEAN dalam KTT BRICS di Afrika Selatan

3. KTT dengan mitra wicara dilanjutkan pada hari terakhir

Ini Jadwal Lengkap KTT ASEAN ke-43 di JakartaBendera ASEAN dan mitra wicara di Hotel Shangri-La, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno mengatakan, KTT dengan mitra wicara ASEAN dilanjutkan pada 7 September 2023. Terdapat empat pertemuan dalam gelaran ini.

“Pada 7 September, ada KTT ASEAN-India, KTT ASEAN-Australia, KTT ASEAN-PBB dan East Asia Summit yang pertemuannya paling besar yang akan dilakukan karena melibatkan 11 negara ASEAN dan banyak sekali anggota EAS,” kata Retno.

“Pada tanggal 7 juga akan ada beberapa pertemuan bilateral yang akan disambung sampai pada tanggal 8 pagi dan siang hari. Pada sore harinya, Bapak Presiden akan langsung terbang menuju India untuk menghadiri KTT G20,” ucap Retno.

Baca Juga: Menlu Retno: 22 Negara-9 Organisasi Internasional Hadiri KTT ASEAN

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya