Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris di Magetan Jawa Timur

Peran dan jaringannya masih belum diungkap

Jakarta, IDN Times - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap satu terduga teroris di wilayah Magetan, Jawa Timur, pada Senin (29/1/2024) kemarin. Selain di Magetan, ada satu terduga lainnya yang ditangkap di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (27/1/2024).

"Update terbaru, ditangkap dua orang. Satu di Jawa Tengah dan satu di Jawa Timur. Proses penyidikan masih terus dilakukan oleh Densus 88 Antiteror Polri," ujar Karo Penmas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko , Rabu (31/1/2023).

Namun, dia masih belum membeberkan lebih jauh soal peran dan jaringan teror dari para pelaku tersebut. Truno hanya memastikan penangkapan kedua pelaku tersebut merupakan hasil pengembangan dari kasus sebelumnya.

"Masih merupakan bagian perkembangan proses penyidikan terhadap ke-10 tersangka terduga teroris sebelumnya," ujar dia.

Densus 88 Antiteror Polri sebelumnya menangkap 10 teroris jaringan Jemaah Islamiyah di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah, pada Kamis (25/1/2024). Sebanyak tersangka itu antara lain S alias M, M alias R, T alias A, P alias K, N alias A, T alias J, E alias W, N, SU dan MU. Rinciannya satu tersangka di Karanganyar, tiga Boyolali, lima Sukoharjo, dan satu Surakarta.

"Sebanyak 10 terduga teroris ditangkap di tempat berbeda di wilayah Jawa Tengah. Mereka tergabung dalam Qodimah wilayah timur struktur JI," ujar Truno dalam keterangan tertulis, Jumat (26/1/2024),

Berdasarkan perannya, dia menyebut 10 pelaku teror itu bertugas untuk operasional kelompok JI. Mulai dari fasilitator kegiatan, penyembunyian DPO, hingga pencarian dana. Truno menyatakan mereka juga dinilai terlibat dalam proses penyediaan logistik berupa senjata api dan tajam hingga pelatihan terhadap para anggota dan rekrutan JI.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 10 Terduga Teroris di Solo Raya, Dijemput Subuh

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya