Comscore Tracker

Detik-Detik Ferdy Sambo Eksekusi Brigadir J Kurang dari 2 Menit

Begini menit demi menit rekaman CCTV di TKP Duren Tiga

Jakarta, IDN Times - Rekaman video CCTV kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022 kembali diputar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2022). Rekaman itu ditampilkan dalam persidangan dengan terdakwa obstruction of justice (penghalangan terhadap penyidikan) kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat, yakni Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria.

Itu merupakan rekaman yang didapat oleh ahli digital forensik dari Polri, Hery Priyanto. Rekaman tersebut dipastikan ahli sama persis dengan rekaman CCTV yang asli karena ia menyalin rekaman CCTV pada hardisk yang disita dari terdakwa Baiquni Wibowo.

Rekaman yang memiliki durasi 1 jam 59 menit 58 detik tersebut, menggambarkan detik-detik eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo eksekusi Brigadir J di rumah dinasnya.

Berdasarkan video tersebut, terungkap waktu yang dibutuhkan Ferdy Sambo untuk mengeksekusi Brigadir J hanya kurang dari dua menit.

Di awal video, terlihat Putri Candrawathi tiba di rumah dinas Duren Tiga pukul 17.06 WIB menggunakan mobil MPV dengan nomor polisi (nopol) B 1 MAH. Putri tiba bersama Brigadir J, Bharada E, Bripka Ricky Rizal dan Kuwat Maruf. Pada momen tersebut, terlihat Putri mengenakan celana hitam panjang.

Berselang tiga menit, pukul 17.09 WIB, Ferdy Sambo tiba di rumah Duren Tiga menggunakan mobil Lexus LX 570 hitam. Awalnya, mobil sempat berhenti di depan pagar garasi beberapa saat, kemudian mobil kembali berjalan menuju tikungan sebelum akhirnya berhenti.

Eks Kadiv Propam itu yang mengenakan baju dinas terlihat turun dari mobil pukul 17.10 WIB dan menjatuhkan pistol HS. Momen tersebut disaksikan oleh ajudan Sambo saat itu, Adzan Romer.

Romer sempat hendak membantu untuk mengambil senjata HS yang jatuh. Namun, Romer kalah cepat dengan Sambo yang mengambil lebih dulu senjata tersebut.

Setelah mengambil senjata, Sambo kembali berjalan sambil mengantongi senjata di saku celana sisi kanannya. Sambo lantas bergegas masuk rumah dinas.

Dalam video, terekam Ricky Rizal menghampiri Brigadir J yang sedang berada di taman depan rumah dan keduanya pun berjalan ke dalam rumah pukul 17.12.00 WIB. Dalam momen tersebut, Sambo memerintahkan Ricky untuk memanggil Brigadir J masuk ke dalam rumah.

Setelah Brigadir J masuk rumah, satu menit kemudian tepatnya pukul 17.13.54 WIB, terlihat Adzan Romer berlari masuk ke dalam rumah. Berdasarkan keterangannya, Romer mendengar suara tembakan dari dalam rumah.

Di sanalah, Romer berpapasan dengan Ferdy Sambo dan melihat Brigadir J sudah tewas bersimbah darah di depan Bharada E, Ricky dan Kuat Ma’ruf.

Pukul 17.17 WIB, akhirnya Putri Candrawathi keluar rumah Duren Tiga dengan celana pendek untuk kembali ke Saguling menggunakan mobil yang sama bersama Ricky Rizal.

Baca Juga: Sidang Hendra Kurniawan Hari Ini Hadirkan Staf Pribadi Ferdy Sambo

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya