Ditembak KKB, Kepala BIN Papua Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Jenazah Brigjen TNI I Gusti Putu sudah dievakuasi ke Timika

Jakarta, IDN Times - Kepala BIN Daerah Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur saat melakukan kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Minggu (25/4/2021) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Kontak tembak tersebut terjadi saat KKB Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan tim gabungan.

“Saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi kejadian dan besok pagi direncanakan akan dibawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata,” kata Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto lewat keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Senin (26/4/2021).

1. Kepala BIN Papua akan dinaikkan pangkat menjadi Mayor Jenderal

Ditembak KKB, Kepala BIN Papua Akan Dimakamkan di TMP KalibataDeputi VII Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan H. Purwanto (Dok. IDN Times)

Wawan menjelaskan, selain berstatus gugur sebagai pahlawan, I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jenderal. I Gusti Putu dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi.

“Beliau dikenal memiliki karir cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen,” ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Kepala BIN Daerah Papua Tewas Ditembak KKB

2. I Gusti Putu gugur saat kunjungan pemulihan keamanan di Kampung Dambet

Ditembak KKB, Kepala BIN Papua Akan Dimakamkan di TMP KalibataKorban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Sebelumnya, Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca-aksi brutal KKB Papua di wilayah tersebut.

“Kunjungan Pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu oleh kekejaman dan kebiadaban KKB Papua,” kata Wawan.

3. Kontak tembak dengan KKB terjadi di sekitar gereja Kampung Dambet

Ditembak KKB, Kepala BIN Papua Akan Dimakamkan di TMP KalibataIlustrasi peti jenazah salah satu korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata. (ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding)

Kronologi kejadian tersebut bermula saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kp. Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri dihadang oleh KKB Papua sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Akibat kontak tembak tersebut I Gusti Putu tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian.

“Gugurnya Kabinda Papua merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang, yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional,” kata Wawan.

4. BIN terus melakukan deteksi dini aksi KKB

Ditembak KKB, Kepala BIN Papua Akan Dimakamkan di TMP KalibataDeputi VII Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan H. Purwanto (Dok. IDN Times)

Wawan mengatakan, BIN akan terus meningkatkan deteksi dini dan cegah dini terhadap KKB Papua yang selama ini meresahkan masyarakat. Ia juga meminta dukungan dan doa dari segenap rakyat Indonesia agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kejadian ini tidak akan menyurutkan mental dan moril insan Intelijen maupun Aparat Keamanan lainnya dalam memberantas segala ancaman nasional,” kata Wawan.

Baca Juga: [WANSUS] BIN Bicara Keterlibatan Perempuan dalam Aksi Terorisme

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya