Pesta Kembang Api Akan Diganti dengan Doa Bersama di Bundaran HI

Bunderan HI dan Monas sempat diguyur hujan deras

Jakarta, IDN Times - Saat jam 00.00 WIB, Pemprov DKI Jakarta tidak menyalakan pesta kembang api di Bunderah HI. Momen itu akan diganti dengan doa bersama untuk korban Tsunami di Selat Sunda. Kasie Promosi dan Atraksi Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Endang Suryantini mengatakan kemungkinan besar pesta kembang api ditiadakan. 

"Saya sih belum tahu pasti nih, tapi sih disarankan untuk tidak boleh (menggelar pesta) kembang api. Sebetulnya gini, untuk pergantian tahun baru ini bukan berarti berhura-hura tapi lebih memberikan semangat kepada teman-teman kita, saudara-saudara kita yang belum lama ditimpa musibah. Nanti, justru nanti jam pas jam 00:00 itu malah mau ada doa bersama," ujar Endang di Bunderan HI, Jakarta Pusat pada Senin (31/12). 

1. Doa bersama akan digelar di sejumlah titik

Pesta Kembang Api Akan Diganti dengan Doa Bersama di Bundaran HI(Kasie Promosi dan Atraksi Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Endang Suryantini) IDN Times/Irfan Fathurrohman

Doa bersama tersebut, kata Endang, tidak hanya dilakukan di Bunderan HI saja. Doa bersama juga dilakukan di tiga titik lainnya, yaitu Thamrin 10, Jalan K.H. Wahid Hasyim, dan Pintu Masuk Monas Barat. Doa akan dilakukan tepat pada pukul 00.00 WIB.

"Doa bersama (nanti digelar) di semua titik. Kita mendoakan saudara-suadara kita yang kemarin kena musibah juga dan tentunya bukan hanya saudara-saudara kita, semuanya lah, doa semua, semoga Indonesia ini lebih baik, khususnya di Jakarta," tutur dia.

Baca Juga: Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah Massal

2. Panggung hiburan tetap memeriahkan malam tahun baru

Pesta Kembang Api Akan Diganti dengan Doa Bersama di Bundaran HI(Panggung hiburan di area Sarinah) IDN Times/Irfan Fathurrohman

Bagi kalian yang ingin menyaksikan panggung hiburan di malam pergantian tahun jangan khawatir, karena Pemprov DKI tetap menggelar acara tersebut. Panggung hiburan akan digelar di setiap titik untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru 2019. 

"Di setiap titik ada hiburannya tapi untuk Sudin Pariwisata Kebudayaan Jakpus adanya di sini (HI)," kata Endang. 

3. Bunderan HI Mulai Didatangi Warga Jakarta

Pesta Kembang Api Akan Diganti dengan Doa Bersama di Bundaran HI(Suasana Bunderan Hotel Indonesia beberapa jam sebelum pergantian tahun baru 2019) IDN Times/Irfan Fathurrohman

Sementara, Bunderan HI sendiri sudah mulai didatangi oleh warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Panggung yang lokasinya tidak jauh dari pos polisi Bunderan HI belum terlihat ramai dipadati oleh masyarakat. Walaupun beberapa band sudah mulai tampil. 

Itu merupakan hasil pantauan IDN Times di area sekitar Bunderan HI sekira pukul 18:00 WIB. Areanya masih sepi. Apalagi kondisinya area Bunderan HI sempat diguyur hujan. 

Endang mengatakan, ada sejumlah acara kesenian yang akan tampil di Bunderan HI.

"Di sini kesenian yang akan ditampilkan ada ondel-ondel, ada gambang kromong, ada bintang tamu, ada orgen tunggal, ada orkes melayu, banyak kesenian yang akan ditampilkan di sini," kata dia.

4. Walau Monas sempat diguyur hujan, warga DKI tetap datang menyerbu

Pesta Kembang Api Akan Diganti dengan Doa Bersama di Bundaran HI(Ilustrasi Monas) ANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Sementara, di Monas cuacanya masih diguyur hujan, walaupun gerimis. Pantauan IDN Times di lokasi sekira pukul 19:00 WIB, hujan masih terus mengguyur. Walaupun begitu, hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme warga DKI untuk berbondong-bondong mendatangi kawasan Monas. 

Salah satu yang hadir di Monas adalah Tria, warga DKI yang bermukim di Tebet. 

“Kata temen saya sih ada konser, saya mau ikutan aja rame-ramenya di sini (Monas) sambil liat kembang api kayak biasanya,” ucap Tria. 

Baca Juga: 5 Kota di Indonesia yang Imbau Warganya Tak Rayakan Tahun Baru 2019

Topik:

Berita Terkini Lainnya